Pengaruh pengembangan efikasi diri tenaga kependidikan terhadap efektivitas pelayanan administrasi: Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri Kota Bandung

Yuniasari, Silvia Nur (2024) Pengaruh pengembangan efikasi diri tenaga kependidikan terhadap efektivitas pelayanan administrasi: Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER (10).pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (269kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)

Abstract

Administrasi merupakan elemen pokok dalam lembaga pendidikan. Tak bisa dipungkiri bahwa kualitas administrasi di Madrasah masih perlu dioptimalkan. Hal ini tentu menjadi perhatian khusus terhadap sumber daya manusia yang melaksanakan administrasi tersebut. Pengembangan efikasi diri, sebagai keyakinan individu terhadap kemampuannya dalam mencapai tujuan dan mengatasi tantangan, merupakan strategi yang relevan dalam meningkatkan kualitas SDM. Dalam pelaksanaannya terdapat hambatan pada proses administrasi seperti lambatnya pelayanan yang diberikan, terdapat kesalahan ketelitian pada hasil yang didapat pengguna, keahlian teknologi yang belum merata, SDM yang terbatas serta banyak nya volume pekerjaan pada staf administrasi. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengembangan efikasi diri tenaga kependidikan, 2) efektivitas pelayanan administrasi, 3) pengaruh pengembangan efikasi diri tenaga kependidikan terhadap efektivitas pelayanan administrasi di Madrasah Aliyah Negeri Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket/kuesioner dengan jumlah responden 21 orang yaitu tenaga kependidikan bagian administrasi. Analisis data yang digunakan adalah dengan: 1) analisis statistik deskriptif (uji instrumen penelitian), 2) Analisis parsial perindikator, 3) uji asumsi klasik (normalitas dan linearitas) dan 4) uji hipotesis (regresi linear sederhana, koefisien determinasi, dan Uji t. Penelitian ini berfokus pada aspek pengembangan efikasi diri tenaga kependidikan dan efektivitas pelayanan administrasi di Madrasah Aliyah Negeri Kota Bandung. Pengembangan efikasi diri, yang diukur berdasarkan tiga indikator yaitu magnitude/level, generality, dan Strength, terbukti berada pada kategori "Cukup" dengan nilai rata-rata 3,26. Sedangkan efektivitas pelayanan administrasi, yang dinilai melalui tiga indikator yaitu pencapaian tujuan, integrasi, dan adaptasi, berada pada kategori "Tinggi" dengan nilai rata-rata 3,47. Hasil analisis juga mengungkapkan adanya pengaruh yang signifikan antara pengembangan efikasi diri tenaga kependidikan dan efektivitas pelayanan administrasi di MAN Kota Bandung, sebesar 55,4%. Implikasi dari temuan ini menunjukkan bahwa efikasi diri yang tinggi dapat meningkatkan efektivitas pelayanan administrasi di MAN Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pengembangan efikasi diri; efektivitas; pelayanan administrasi; tenaga kependidikan; madrasah
Subjects: Religious Education
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kandungan Al-Qur'an
Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Silvia Nur Yuniasari
Date Deposited: 22 Jul 2024 06:22
Last Modified: 24 Jul 2024 07:03
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92397

Actions (login required)

View Item View Item