Penerapan metode Aku Cepat Membaca (ACM) untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa: Penelitian tindakan kelas di kelas I MI Al-Futuhat Kota Bandung

Pertianti, Rossi Dwita (2024) Penerapan metode Aku Cepat Membaca (ACM) untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa: Penelitian tindakan kelas di kelas I MI Al-Futuhat Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (514kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa. Terdapat 10 dari 16 atau 62,5% siswa kelas I MI Al-Futuhat belum mencapai KKTP yang ditetapkan yakni ≥70. Rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa disebabkan oleh beberapa faktor, sebagian besar siswa kesulitan dalam mengenali bentuk huruf, terbata-bata dalam membaca, suara yang dikeluarkan kurang terdengar, dan penggunaan metode yang kurang melibatkan siswa sehingga kurangnya antusiasme siswa dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kemampuan membaca permulaan siswa kelas I MI Al-Futuhat Kota Bandung sebelum diterapkan metode ACM. 2) Proses pembelajaran dengan penerapan metode ACM di kelas I MI Al-Futuhat Kota Bandung pada setiap siklus. 3) Kemampuan membaca permulaan siswa kelas I MI Al-Futuhat Kota Bandung setelah diterapkan metode ACM pada setiap siklus. 4) Kemampuan membaca permulaan siswa kelas I MI Al-Futuhat Kota Bandung setelah seluruh siklus diterapkan metode ACM. Metode ACM merupakan metode pembelajaran yang memiliki konsep “bermain sambil belajar” dan mengembangkan imajinasi dan kreativitas siswa melalui alat peraga, bercerita, serta musik sebagai media yang dapat membantu dan mempermudah siswa dalam memahami konsep membaca. Penelitian ini dilaksanakan di kelas I MI Al-Futuhat Kota Bandung menggunakan pendekatan mix method dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan, tes unjuk kerja, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Hasil kemampuan membaca permulaan siswa kelas I MI Al-Futuhat Kota Bandung sebelum diterapkan metode ACM memperoleh persentase ketuntasan klasikal 37,50% dengan kategori “Kurang.” 2) Proses pembelajaran dengan penerapan metode ACM di kelas I MI Al-Futuhat Kota Bandung pada setiap siklus berjalan dengan lancar dan mengalami peningkatan. Aktivitas siswa pada siklus I mencapai 65% dan meningkat menjadi 85% pada siklus II. Aktivitas guru pada siklus I mencapai 78% dan meningkat menjadi 86% pada siklus II. 3) Kemampuan membaca permulaan siswa kelas I MI Al-Futuhat Kota Bandung setelah diterapkan metode ACM pada setiap siklus mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini ditunjukkan oleh peningkatan nilai rata-rata dari 51,56 sebelum penerapan metode ACM menjadi 67,97 pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 79,30 pada siklus II. Kemudian, persentase ketuntasan klasikal siswa yang sebelumnya hanya 37,50% meningkat menjadi 56,25% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 81,25% pada siklus II. Dengan capaian tersebut, pembelajaran dihentikan pada siklus II pertemuan kedua karena indikator keberhasilan secara klasikal telah tercapai yakni ≥75%, dan mencerminkan dampak positif dari penerapan metode Aku Cepat Membaca (ACM).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Aku Cepat Membaca; Kemampuan Membaca Permulaan Siswa
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Elementary Education
Elementary Education > Language Skills for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: rossi dwita pertianti
Date Deposited: 22 Jul 2024 02:50
Last Modified: 22 Jul 2024 02:50
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92406

Actions (login required)

View Item View Item