Shalihah, Farsya Sabila (2024) Strategi penerapan Search Engine Optimization (SEO) dalam meningkatkan visibilitas di mesin pencari: Studi deskriptif pada situs berita online Detik Jabar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (484kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (392kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (298kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
Abstract
Persaingan kompetitif di era digital membuat media online berlomba-lomba untuk mendapatkan posisi teratas dalam hasil pencarian di mesin pencari seperti Google. Tidak hanya meningkatkan jumlah kunjungan, tetapi posisi teratas dalam hasil pencarian juga memperkuat citra dan kredibilitas website tersebut. Detik.com, sebagai salah satu portal berita terkemuka di Indonesia, berhasil menempati peringkat ketiga pada sejumlah laman analisis website. Salah satu metode yang digunakan untuk mencapai keberhasilan tersebut adalah Search Engine Optimization (SEO). Berdasarkan hal itu, penelitian ini akan mengeksplorasi strategi penerapan Search Engine Optimization (SEO) salah satu kanal regional di bawah naungan Detik.com yakni Detik Jabar. Hal ini disebabkan oleh kanal regional telah memberikan kontribusi besar pada intensitas lalu lintas sehingga meningkatkan visibilitas di mesin pencari. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui strategi penerapan Search Engine Optimization (SEO) di media online Detik Jabar. Penelitian ini berfokus kepada proses pemilihan keyword, proses pengoptimalan konten, dan proses pengukuran keberhasilan. Peneliti menggunakan teori gatekeeping yang dikemukakan oleh Pamela J. Shoemaker dan Tim P. Vos. Teori ini berfungsi sebagai acuan untuk mengamati cara tim redaksi sebagai gatekeepers dalam memilih dan menyaring konten yang akan dipublikasikan melalui website, khususnya dalam penerapan Search Engine Optimization (SEO). Teori gatekeeping membantu peneliti dalam memahami keputusan redaksi tentang cara optimasi konten agar memenuhi kebutuhan pembaca dan algoritma mesin pencari. Untuk meraih data yang diperlukan, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif untuk menggambarkan strategi penerapan Search Engine Optimization (SEO) dan mengidentifikasi kontribusi teknik tersebut dalam meningkatkan visibilitas website di mesin pencari. Hasil penelitian ini menunjukkan strategi Detik Jabar dalam membuat konten SEO dimulai dari riset keyword secara manual dan non-manual, ataupun dari Tim SEO Jakarta. Kemudian keyword akan diintegrasikan konten dengan memperhatikan proses pengoptimalan konten meliputi penempatan keyword, pemanfaatan subjudul dan daftar isi, penyisipan gambar dan caption, pengaturan internal link. Setelah konten dipublikasikan, tim redaksi Detik Jabar akan melakukan pemantauan untuk mengambil tindak lanjut terhadap konten-konten tersebut.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi; Search Engine Optimization (SEO); media online |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media Education Writing Systems |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik |
Depositing User: | Farsya Sabila Shalihah |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 02:21 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 02:21 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92481 |
Actions (login required)
View Item |