Ahsan, Dessy (2021) Hubungan penggunaan media Youtube terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dalam pembelajaran matematika. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (298kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (459kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (543kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (95kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) | Request a copy |
Abstract
Wabah Pandemi Corona Virus Disease atau lebih dikenal sebagai COVID-19 menimbulkan beberapa perubahan aspek kehidupan di seluruh dunia, termasuk perubahan pada aspek pendidikan di Indonesia. Pada aspek pendidikan kondisi ini mengharuskan guru dan siswa berinteraksi melalui media online. Pemerintah melalui Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran COVID-19 menyerukan agar setiap sekolah melaksanakan Distance Learning atau pembelajaran jarak jauh sebagai upaya interaktif pembelajaran di masa COVID-19 yang menggunakan jaringan internet. Penelitian ini memilih aplikasi media online YouTube sebagai media pembelajaran untuk melihat pengaruh kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dalam pembelajaran matematika. Tujuan dasar penelitian ini untuk melihat (1) Bagaimana penggunaan media youtube dalam pembelajaran matematika di MIN 2 Kuningan, (2) Bagaimana kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dalam pembelajaran matematika di MIN 2 Kuningan dan (3) Bagaimana keterkaitan antara penggunaan media youtube terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dalam pembelajaran matematika di MIN 2 Kuningan. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Data angka-angka tersebut diperoleh dari hasil analisis statistik menggunakan SPSS 20 for windows. Metode penelitian ini menggunakan metode korelasi dengan jenis data penelitian menggunakan jenis data deskrtiptif kuantitatif. Lokasi dalam penelitian ini adalah di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Kuningan. Berdasarkan analisis data diperoleh simpulan bahwa (1) Penggunaan media Youtube dalam pembelajaran matematika di MIN 2 Kuningan bersifat Potensial sebesar 69,45% dengan kategori Baik, Praktis sebesar 69,43% dengan kategori Baik, Informatif sebesar 78,86% dengan kategori Baik, Interaktif sebesar 74% dengan kategori Baik, Shearable sebesar 74,77% dengan kategori Baik, dan Ekonomissebesar 67,5% dengan kategori Baik. (2) Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika di kelas 5 MIN 2 Kuningan dari rata rata siswa yang mampu menjawab soal dengan kata kerja operasional menganalisis (C4) sebesar 65,9% kategori Baik, kata kerja operasional mengevaluasi (C5) sebesar 58,82% kategori Cukup, kerja operasional mencipta (C6) sebesar 59,66% kategori Cukup. (3) Terdapat pengaruh hubungan positif antara media Youtube dan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang berada dalam kategori tingkat hubungan Sedang sebesar 0,476 dengan nilai pengaruh hubungan sebesar 22,7 %.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Youtube; Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa; MIN 2 Kuningan |
Subjects: | Education > Research and Statistical Methods Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Dessy Ahsan Ahsan |
Date Deposited: | 29 Jul 2024 03:04 |
Last Modified: | 29 Jul 2024 03:04 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92697 |
Actions (login required)
View Item |