Pengaruh keadilan organisasi terhadap keterikatan karyawan dengan persepsi dukungan organisasi sebagai variabel moderasi: Studi kasus pada PT. Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero)

Jamaludin, Agus (2024) Pengaruh keadilan organisasi terhadap keterikatan karyawan dengan persepsi dukungan organisasi sebagai variabel moderasi: Studi kasus pada PT. Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (285kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (943kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keadilan organisasi terhadap keterikatan karyawan, pengaruh persepsi dukungan organisasi terhadap keterikatan karyawan serta persepsi dukungan organisasi memoderasi keadilan organisasi terhadap keterikatan karyawan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan oleh peneliti adalah data primer dan data sekunder, di mana data primer ini diperoleh melalui survei langsung terhadap karyawan PT. INTI (Persero) dengan jumlah populasi sebanyak 203 karyawan. Sementara teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini mengenakan probability sampling dengan menggunakan rumus Slovin, sehingga sample yang diambil berjumlah 67 responden. Teknik Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji analisis regresi moderasi, uji hipotesis dan koefisien determinasi yang diolah menggunakan software SPSS versi 26. Pada taraf signifikansi 10%, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) keadilan organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterikatan karyawan yang dibuktikan dengan nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (1,842 > 1,669013) dan nilai signifikansi lebih rendah dari taraf signifikansi (0,073 < 0,10). Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho1 ditolak sementara Ha1 diterima. (2) Persepsi dukungan organisasi tidak memiliki pengaruh terhadap keterikatan karyawan, dengan nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel ((-1,033 < 1,669013) dan nilai signifikansi lebih besar dari taraf signifikansi (0,073 < 0,10). Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho2 diterima sementara Ha2 ditolak. (3) Persepsi dukungan organisasi tidak memoderasi pengaruh dari keadilan organisasi terhadap keterikatan karyawan. Kesimpulan itu didasari pada perolehan data analisis regresi berganda yang dilakukan oleh peneliti, bahwa ketika variabel Keadilan Organisasi (X) diregresikan terhadap variabel Keterikatan Karyawan (Y) memperoleh nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (1,821 < 1,669013) dan nilai signifikansi lebih rendah dari taraf signifikansi (0,073 < 0,10). Namun, pada saat peneliti melakukan uji regresi moderasi dengan cara memasukkan variabel interaksi antara keadilan organisasi dengan persepsi dukungan organisasi (X.Z) terhadap variabel keterikatan karyawan (Y) diperoleh nilai thitung lebih kecil dari nilai ttabel (0,878 < 1,669013) dan nilai signifikansi lebih besar dari taraf signifikansi (0,383 < 0,10). Dengan demikian, Ho2 diterima sementara Ha2 ditolak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keadilan Organisasi; Persepsi Dukungan Organisasi; Keterikatan Karyawan
Subjects: Psychology > Organization and Management of Psychology
General Management > Personnel Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Agus Jamal
Date Deposited: 30 Jul 2024 07:57
Last Modified: 30 Jul 2024 07:57
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92850

Actions (login required)

View Item View Item