Nurjanah, Devika Lutfiatun (2024) Aktivitas belajar siswa melalui media pembelajaran edulearning hubungannya dengan hasil belajar PAI dan Budi Pekerti: Penelitian pada siswa kelas VIII SMP Mekar Arum Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (66kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (280kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (358kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (388kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTARPUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (73kB) | Request a copy |
Abstract
Devika Lutfiatun Nurjanah, 1202020028, 2024. Aktivitas Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Edulearning Hubungannya Dengan Hasil Belajar PAI Dan Budi Pekerti (Penelitian pada Siswa Kelas VIII SMP Mekar Arum Kabupaten Bandung) Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SMP Mekar Arum Kabupaten Bandung, ditemukan bahwa pendidik sudah menggunakan media pembelajaran melalui edulearning guna menunjang pencapaian hasil belajar PAI dan Budi Pekerti yang optimal, namun pada faktanya terdapat hambatan dalam proses pembelajaran menggunakan media edulearning. Dilihat dari pengamatan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) dalam aktivitas belajar menggunakan edulearning yang belum lama ini tercapai, pencapaian hasil belajar siswa tersebut berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Aktivitas belajar siswa melalui pembelajaran edulearning pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Mekar Arum Kabupaten Bandung (2) Hasil belajar siswa melalui pembelajaran edulearning pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Mekar Arum Kabupaten Bandung (3) Hubungan aktivitas belajar siswa melalui pembelajaran edulearning dengan hasil belajar PAI dan Budi Pekerti di SMP Mekar Arum Kabupaten Bandung. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Mekar Arum Kabupaten Bandung dengan subyek penelitian sebanyak 41 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket atau kuesioner, tes dan studi dokumentasi. Aktivitas belajar siswa merupakan proses kegiatan dalam pembelajaran yang dapat menciptakan siswa aktif bertanya, berdiskusi, berpendapat dan lain-lain. Sedangkan, media ialah alat bantu guru yang digunakan dalam pembelajaran dapat dikatakan tepat. Adapun hasil belajar adalah nilai dari aktivitas yang telah dilalui. Hasil analisis data menunjukkan bahwa aktvitas belajar siswa melalui media pembelajaran edulearning pada kelas VIII SMP Mekar Arum Kabupaten Bandung diperoleh nilai rata-rata 4,4 berkategori sangat baik dengan interval 4,20 – 5,00. Sedangkan, pada hasil belajar tidak dilakukan perhitungan rata-rata perindikator. Berdasarkan analisis yang dilakukan, aktivitas belajar siswa melalui media pembelajaran edulearning sig. (2-tailed) sebesar 0,190 > 0,05 yang artinya berdistribusi normal. Sedangkan, hasil belajar PAI dan Budi Pekerti sig. (2-tailed) sebesar 0,004 > 0,05 artinya berdistribusi tidak normal, sehingga perhitungan koefisien korelasi rank spearman diperoleh sebesar 0,482 artinya hubungan berkolerasi sedang dengan rentang 0,40 – 0,599. Sedangkan, uji hipotesis diperoleh yaitu 0,001 < 0,05, maka hipotesis diterima, artinya terdapat hubungan yang signifikan. Adapun hasil koefisien determinasi diperoleh sebesar 23,6% .
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas Belajar; Media Pembelajaran Edulearning; Hasil Belajar PAI dan Budi Pekerti. |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Devika Lutfiatun Nurjanah |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 02:03 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 02:03 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92996 |
Actions (login required)
View Item |