Nurfajrina, Adinda (2024) Penerapan Role Playing terhadap kemampuan komunikasi matematis dalam penyelesaian soal cerita berbasis kontekstual. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (637kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (334kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (588kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (957kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) |
Abstract
Hal yang menjadi latar belakang dilakukannya penelitian ini yaitu hasil studi pendahuluan kemampuan komunikasi matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita masih dikatakan rendah. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui, (1) Perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Role Playing dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Ekspositori dalam penyelesaian soal cerita berbasis kontekstual; (2) Perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis peserta didik antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Role Playing dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Ekspositori berdasarkan Pengetahuan Awal Matematika (PAM) yang kategorinya tinggi, sedang, dan rendah; (3) Respon peserta didik kelas VII terhadap penerapan Role Playing pada materi penyajian data. Metode penelitian yang dipilih dalam penelitian ini yaitu Quasi Eksperimen dan penelitian ini dilakukan di kelas VII SMP Mekar Arum tahun pelajaran 2023/2024. Adapun hasil dan pembahasan yang disajikan dalam penelitian ini diantaranya, (1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Role Playing jauh lebih baik dibandingkan dengan peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang menerapkan model pembelajaran Ekspositori dalam penyelesaian soal cerita berbasis kontekstual berdasarkan nilai rata-rata N-gain;(2) Terdapat perbedaan pencapaian secara menyeluruh ditinjau berdasarkan nilai rata-rata Post-test dari kedua kelas; (3) Respon peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran Role Playing pada materi penyajian data berada pada kategori interpretasi positif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Komunikasi Matematis; Role Playing; Respon |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Adinda Nurfajrina |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 06:55 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 06:55 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93141 |
Actions (login required)
View Item |