Penerapan Role Playing terhadap kemampuan komunikasi matematis dalam penyelesaian soal cerita berbasis kontekstual

Nurfajrina, Adinda (2024) Penerapan Role Playing terhadap kemampuan komunikasi matematis dalam penyelesaian soal cerita berbasis kontekstual. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (637kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (957kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)

Abstract

Hal yang menjadi latar belakang dilakukannya penelitian ini yaitu hasil studi pendahuluan kemampuan komunikasi matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita masih dikatakan rendah. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui, (1) Perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Role Playing dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Ekspositori dalam penyelesaian soal cerita berbasis kontekstual; (2) Perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis peserta didik antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Role Playing dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Ekspositori berdasarkan Pengetahuan Awal Matematika (PAM) yang kategorinya tinggi, sedang, dan rendah; (3) Respon peserta didik kelas VII terhadap penerapan Role Playing pada materi penyajian data. Metode penelitian yang dipilih dalam penelitian ini yaitu Quasi Eksperimen dan penelitian ini dilakukan di kelas VII SMP Mekar Arum tahun pelajaran 2023/2024. Adapun hasil dan pembahasan yang disajikan dalam penelitian ini diantaranya, (1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Role Playing jauh lebih baik dibandingkan dengan peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang menerapkan model pembelajaran Ekspositori dalam penyelesaian soal cerita berbasis kontekstual berdasarkan nilai rata-rata N-gain;(2) Terdapat perbedaan pencapaian secara menyeluruh ditinjau berdasarkan nilai rata-rata Post-test dari kedua kelas; (3) Respon peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran Role Playing pada materi penyajian data berada pada kategori interpretasi positif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis; Role Playing; Respon
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Adinda Nurfajrina
Date Deposited: 06 Aug 2024 06:55
Last Modified: 06 Aug 2024 06:55
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93141

Actions (login required)

View Item View Item