Penerapan model inkuiri berbantuan e-comic pada konsep larutan elektrolit dan nonelektrolit untuk mengembangkan literasi kimia

Inayah, Maulidya Salma Mu'jizatul (2024) Penerapan model inkuiri berbantuan e-comic pada konsep larutan elektrolit dan nonelektrolit untuk mengembangkan literasi kimia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (595kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas peserta didik dalam penerapan model inkuiri berbantuan e-comic pada konsep larutan elektrolit dan non elektrolit, mendeskripsikan penerapan model pembelajaran inkuiri berbantuan e-comic pada konsep larutan elektrolit dan non elektrolit, dan menganalisis kemampuan literasi kimia melalui penerapan model inkuiri berbantuan e-comic pada konsep larutan elektrolit dan non elektrolit. Metode yang digunakan yaitu pre-experimental dengan desain one-shot case study pada peserta didik kelas X MIPA 2 SMA Mekar Arum. Dari hasil penelitian keseluruhan dari aktivitas yang dilakukan peserta didik mencapai nilai 80,5% dengan interpretasi sangat baik, nilai tertinggi diperoleh pada tahap orientasi masalah dan mempresentasikan hasil kesimpulan, sedangkan nilai terendah diperoleh pada tahap merumuskan hipotesis dan menguji hipotesis. Dari hasil penerapan model inkuiri berbantuan e-comic untuk mengembangkan literasi kimia memiliki nilai rata-rata sebesar 86,25% dan interpretasi sangat baik, nilai tertinggi diperoleh pada tahap merumuskan hipotesis dan nilai terendah diperoleh pada tahap menguji hipotesis. Kemampuan literasi kimia yang dikembangkan melalui pengerjaan soal terdapat 4 aspek yang dinilai yaitu aspek konten, konteks, sikap, dan proses. Dan dari hasil penilaian sebesar 84,5 dengan interpretasi sangat baik, nilai tertinggi diperoleh dari aspek sikap sebesar 86 dan nilai terendah diperoleh dari aspek konteks sebesar 83 dengan interpretasi sangat baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model inkuiri; e-comic; larutan elektrolit dan non elektrolit; literasi kimia
Subjects: Education, Research
Analytical Chemistry > Qualitative Analysis, Quantitavie Analysis of Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Maulidya Salma Mu'jizatul Inayah
Date Deposited: 08 Aug 2024 00:55
Last Modified: 08 Aug 2024 00:55
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93218

Actions (login required)

View Item View Item