Pengaruh penggunaan media audio-visual "Plotagon Story" terhadap kemampuan kognitif mengenal konsep warna pada anak usia dini: Kuasi eksperimen di kelompok B RA Al Haadii Kecamatan Bojongloa Kaler Kota Bandung.

Fauziyah, Nida (2024) Pengaruh penggunaan media audio-visual "Plotagon Story" terhadap kemampuan kognitif mengenal konsep warna pada anak usia dini: Kuasi eksperimen di kelompok B RA Al Haadii Kecamatan Bojongloa Kaler Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (340kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)

Abstract

Pada hakikatnya anak memiliki potensi yang masih harus dikembangkan. Mengenalkan konsep warna pada anak sejak dini dapat merangsang indera penglihatan dan meningkatkan daya pikir. Berdasarkan standar tingkat pencapaian perkembangan anak terkait mengenal konsep warna pada usia 5-6 tahun, anak mampu mengklasifikasikan benda berdasarkan ciri-ciri termasuk ciri warna dan mengenal warna sekunder melalui kegiatan eksploratif. Pada kenyataanya kebanyakan anak kelompok B di RA Al Haadii Kecamatan Bojongloa Kaler Kota Bandung mampu menyebutkan warna dengan sangat baik. Namun, beberapa capaian perkembangan kognitif dalam mengenal konsep warna belum optimal, anak kelompok B masih kesulitan dalam mengklasifikasikan benda berdasarkan ciri warna dan mengenal warna sekunder. Penelitian ini didasari teori bahwa audio-visual tidak saja menghasilkan cara belajar yang efektif tetapi, apa yang diterima mampu lebih lama dan lebih baik tinggal dalam ingatan. Oleh karena itu peneliti menggunakan media audio-visual berbasis video animasi bernama Plotagon Story untuk membantu anak dalam mengenal konsep warna. Tujuan dari penelitian yang dilakukan di kelompok B RA Al Haadii adalah untuk mengetahui: 1) Kemampuan kognitif anak usia dini dalam mengenal konsep warna melalui audio-visual “Plotagon Story” pada kelas eksperimen 2) Kemampuan kognitif anak usia dini dalam mengenal konsep warna melalui media visual gambar pada kelas kontrol. 3) Perbandingan kemampuan kognitif anak usia dini dalam mengenal konsep warna antara penggunaan media audio-visual dengan media visual gambar. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design melalui pola pretest, treatment yang berbeda dan posstest terhadap dua kelompok untuk mengetahui kemampuan kognitif mengenal konsep warna pada anak. kelas B1 sebanyak 15 anak (kelas kontrol) dan kelas B2 sebanyak 16 anak (kelas eksperimen). Data diperoleh dari hasil test tersebut kemudian dianalisis secara kuantitatif. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan nilai rata-rata pretest kelompok eksperimen sebesar 55,5 dan nilai rata-rata posttest sebesar 83,5 sedangkan pada kelompok kontrol nilai rata-rata pretest sebesar 49,5 dan nilai rata-rata posttest sebesar 74,5. Terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan kognitif mengenal konsep warna pada anak antara pembelajaran menggunakan media audio-visual “Plotagon Story” dengan media visual gambar 2D di Kelompok B RA Al Haadii Kecamatan Bojongloa Kaler Kota Bandung. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis diperoleh nilai t_hitung=2,855>t_(tabel )=2,045 pada taraf signifikansi 5%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Audio-Visual "Plotagon Story"; Kemampuan Kognitif; Konsep Warna; Anak Usia Dini
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Color and Related Technology
Computer Arts, Digital Arts
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Nida Fauziyah
Date Deposited: 09 Aug 2024 01:27
Last Modified: 09 Aug 2024 01:27
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93350

Actions (login required)

View Item View Item