Penerapan model pembelajaran project Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar matematia siswa

Yansah, Yudi (2024) Penerapan model pembelajaran project Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar matematia siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFRTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (307kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran Project Based Learning, mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan penerapan model pembelajaran Project Based Learning, mengetahui bagaimana respons siswa terhadap model pembelajaran Project Based Learning. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas 5A SDN Gunungpuyuh Cipta Bina Mandiri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK), Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus masing-masing terdiri dari dua kali pertemuan dengan empat tahap, yaitu tahap perencanaan tindakan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap. Penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa karena siswa terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Berdasarkan dari hasil perhitungan persentase keberhasilan siswa di siklus pertama sebesar 38,10 %, sedangkan di siklus ke dua sebesar 95,2%. Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning memberikan pengaruh pada proses pembelajaran yaitu dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus pertama ke siklus ke dua sebesar 57,1%. Hal itu diperkuat dengan sangat positifnya respons siswa terdapat model pembelajaran Project Based Learning dengan persentase sebesar 86,90% dengan kriteria sangat positif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Matematika; Penelitian Tindakan Kelas; Hasil Belajar; Model Pembelajaran Project Based Learning
Subjects: Mathematics
Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Yansah Yudi
Date Deposited: 12 Aug 2024 03:24
Last Modified: 12 Aug 2024 03:24
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93405

Actions (login required)

View Item View Item