Padila, Gita Ananda (2024) Peningkatan kemampuan representasi matematis dan Habits of Mind peserta didik melalui desain Hypothetical Learning Trajectory (HLT): Penelitian kuasi eksperimen di Kelas XI MIPA 2 SMA Mekar Arum. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (277kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (615kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (426kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (480kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan representasi peserta didik merupakan kemampuan yang penting bagi peserta didik dalam proses pembelajaran. Tujuan dilakukannya penelitian yaitu untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis dan habits of mind peserta didik dengan menggunakan desain HLT. Metode penelitian yang digunakan yaitu meode kuasi eksperimen dan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian yaitu kelas XI MIPA SMA Mekar Arum Cileunyi dan mengambil sampel dua kelas dengan jumlah 32 peserta didik. Instrumen yang digunakan pada penelitian yaitu instrument tes berupa soal uraian sebanyak lima soal. Hasil penelitian diperoleh bahwa: peningkatan kemampuan representasi peserta didik pada kelas yang mengggunakan desainn HLT adalah 56% peserta didik mengalami peningkatan sedang dan 44% mengalami peningkatan yang tinggi, peningkatan kemampuan representasi peserta didik pada kelas dengan mengggunakan pembelajaran konvensional yaitu 4% peserta didik mengalami peningkatan rendah, 68% mengalami peningkatan sedang, dan 28% mengalami peningkatan yang tinggi, peningkatan kemampuan representasi matematis peserta didik yang menggunakan desain HLT lebih baik dibandingkan dengan peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional, terjadi peningkatan habits of mind peserta didik sebelum dan sesudah pembelajaran dengan desain HLT. Peneliti merekomendasikan penelitian HLT dengan kemampuan matematis yang lain.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Representasi Matematis; Hypothetical Learning Trajectory; Habits of Mind |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Gita Ananda Padila |
Date Deposited: | 13 Aug 2024 07:35 |
Last Modified: | 13 Aug 2024 07:35 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93461 |
Actions (login required)
View Item |