Pengembangan lembar kerja peserta didik untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pada materi gerak lurus

Maulidiya, Elvara (2024) Pengembangan lembar kerja peserta didik untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pada materi gerak lurus. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK 1.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (356kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini bertujuan mengetahui kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik dan mengetahui peningkatan keterampilan Pemecahan Masalah peserta didik pada materi Gerak Lurus. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan metode pembelajaran pre eksperimental design, dimana dilaksanakan pada satu kelompok peserta didik (kelompok eksperimen) tanpa ada kelompok pembanding dengan desain (one group pretest-posttest). Sampel dalam penelitian ini adalah kelaas X IPA A MAN 2 Kota Sukabumi dengan jumlah 30 peserta didik. Hasil penelitian penunjukkan Kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik(LKPD) pada materi Gerak Lurus setelah divalidasi oleh para ahli yang sudah berpengalaman mendapatkan hasil persentase ahli media 76%, hasil persentase ahli materi 75%, serta hasil persentase guru fisika mengenai media 88% dan materi 87% dengan kategori valid. Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) serta model Discovery Learning berlangsung baik dengan rata rata aktivitas guru sebesar 78% dan aktivitas peserta didik sebesar 75%. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh nilai thitung sebesar 34,32 dan ttabel sebesar 2,042 (thitung > ttabel) dengan taraf signifikansi 0,05. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik setelah menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan model pembelajaran Discovery Learning dengan nilai Ngain sebesar 0,93 dengan kategori Tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD); Keterampilan Pemecahan Masalah (KPM); Gerak Lurus
Subjects: Physics > Data Processing and Analysis of Physics
Physics > Research and Statistical Methods of Physics
Physics > Instrumentation of Physics
Physics > Measurement of Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Elvara Maulidiya
Date Deposited: 14 Aug 2024 02:53
Last Modified: 14 Aug 2024 02:53
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93558

Actions (login required)

View Item View Item