Maulidiya, Elvara (2024) Pengembangan lembar kerja peserta didik untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pada materi gerak lurus. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK 1.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (356kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (601kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (582kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
BAB IV .pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
BAB V (2).pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini bertujuan mengetahui kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik dan mengetahui peningkatan keterampilan Pemecahan Masalah peserta didik pada materi Gerak Lurus. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan metode pembelajaran pre eksperimental design, dimana dilaksanakan pada satu kelompok peserta didik (kelompok eksperimen) tanpa ada kelompok pembanding dengan desain (one group pretest-posttest). Sampel dalam penelitian ini adalah kelaas X IPA A MAN 2 Kota Sukabumi dengan jumlah 30 peserta didik. Hasil penelitian penunjukkan Kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik(LKPD) pada materi Gerak Lurus setelah divalidasi oleh para ahli yang sudah berpengalaman mendapatkan hasil persentase ahli media 76%, hasil persentase ahli materi 75%, serta hasil persentase guru fisika mengenai media 88% dan materi 87% dengan kategori valid. Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) serta model Discovery Learning berlangsung baik dengan rata rata aktivitas guru sebesar 78% dan aktivitas peserta didik sebesar 75%. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh nilai thitung sebesar 34,32 dan ttabel sebesar 2,042 (thitung > ttabel) dengan taraf signifikansi 0,05. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik setelah menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan model pembelajaran Discovery Learning dengan nilai Ngain sebesar 0,93 dengan kategori Tinggi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD); Keterampilan Pemecahan Masalah (KPM); Gerak Lurus |
Subjects: | Physics > Data Processing and Analysis of Physics Physics > Research and Statistical Methods of Physics Physics > Instrumentation of Physics Physics > Measurement of Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Elvara Maulidiya |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 02:53 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 02:53 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93558 |
Actions (login required)
View Item |