Manajemen penilaian rapor digital madrasah hubungannya dengan mutu layanan akademik: Penelitian di Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Purwakarta

Nursaziah, Dina (2024) Manajemen penilaian rapor digital madrasah hubungannya dengan mutu layanan akademik: Penelitian di Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Purwakarta. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (333kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy

Abstract

Rapor digital madrasah sebagai media untuk laporan penilaian dalam meng-inputkan hasil akhir peserta didik dengan desain yang fleksibel dan sesuai aturan yang berlaku. Hal ini berhubungan dengan layanan akademik salah satunya mengkomunikasikan laporan akhir secara rinci dan bukti secara fisik pelaporan nilai akademik. Selain itu mendapatkan jaminan nilai tersebut tersimpan secara administratif di aplikasi dan penilaian langsung terintegrasi pada EMIS KEMENAG. Hal ini akan berjalan sesuai dengan tujuan yang ditetapkan jika membuat sistematika manajemen yang efektif dan dilaksanakan sesuai prosedur yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan manajemen Penialaian rapor digital madrasah di Madrasah Aliyah se-Kabupaten Purwakarta (2) mengetahui mutu layanan akademik di Madrasah Aliyah se-Kabupaten Purwakarta (3) Menganalisis Manajemen Penilaian Rapor Digital Madrasah Hubungannya Dengan Mutu Layanan Akademik di Madrasah Aliyah se-Kabupaten Purwakarta.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yakni, kuantitatif dengan metode deskriptif analisis korelasional. Proses pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket/kuesioner dengan pengukuran data skala likert. Untuk data yang dikumpulkan berdasarkan kriteria penelitian yakni pengguna akun rapor digital madrasah yang menginput nilai (Admin/operator, Guru mata pelajaran, dan wali kelas) di madrasah aliyah se-kabupaten Purwakarta. Jumlah responden di dua madrasah sebanyak 85 orang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) manajemen penilaian rapor digital madrasah di madrasah aliyah se-kabupaten Purwakarta dikategorikan “tinggi” sebesar 3,61, berdasarkan hasil pengolahan data (2) mutu layanan akademik di madrasah aliyah se-kabupaten purwakarta dikategorikan “tinggi” sebesar 3,64 dari hasil pengolahan data (3) berdasarkan uji koefeisien korelasi pada uji signifikansi sebesar < 0,001 (0.000), senilai 0,00 < 0.05 terdapat korelasi antar variabe, selanjtnya berdasarkan nilai pearson correlation sebesar 0,832 > 0.213 maka kriteria korelasi kedua variabel memiliki hubungan yang besar atau sangat kuat. Pearson correlation pada analisis ini bernilai positif. Sehingga semakin baik sistematika manajemen penilaian rapor digital madrasah semakin meningkatnya mutu layanan akademik. Berdasarkan uji koefisien determinasi, diperoleh hasil sebesar 0,692 yang dapat diartikan bahwa kontribusi manajemen penilaian rapor digital madrasah terhadap mutu layanan akademik sebesar 69,2%, sedangkan 31,8% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: rapor digital; mutu layanan; akademik
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Public Policy Issues in Education > Public Policy Issues in Indonesia
Computer Arts, Digital Arts
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Dina Nur Saziah
Date Deposited: 19 Aug 2024 05:48
Last Modified: 19 Aug 2024 05:48
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93744

Actions (login required)

View Item View Item