Fauziah, Shofa (2024) Pengaruh kualitas pelayanan perpustakaan terhadap minat kunjung peserta didik: Penelitian di Madarasah Tsanawiyah Negeri se-Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (377kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (545kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (674kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (324kB) | Request a copy |
Abstract
Pelayanan perpustakaan dapat dikatakan berkualitas apabila adanya kesesuaian antara harapan dan kebutuhan pemustaka dengan layanan yang diberikan oleh perpustakaan. Artinya, layanan yang diberikan setara dengan yang diharapkan. Pelayanan perpustakaan yang berkualitas idealnya memiliki koleksi buku yang variatif, fasilitas yang memadai, pelayanan yang ramah dan bermutu dari tenaga perpustakaan serta sumber daya yang memadai. Akan tetapi realita yang terjadi di MTs Negeri se-Kota Bandung masih belum optimalnya pelayanan perpustakaan yang diberikan baik dari segi fasilitas maupun dari faktor internal tenaga perpustakaan sehingga permasalah tersebut berdampak pada rendahnya minat kunjung peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kualitas pelayanan perpustakaan di MTs Negeri se-Kota Bandung; (2) Minat kunjung peserta didik di MTs Negeri se-Kota Bandung; dan (3) Pengaruh kualitas pelayanan perpustakaan terhadap minat kunjung peserta didik di MTs Negeri se-Kota Bandung.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dengan menyebarkan angket kepada peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji instrument (validitas dan reliabilitas), analisis statistik deskrptif, uji analisis prasyarat (normalitas dan linearitas), uji hipotesis (regresi sederhana, uji T, dan uji koefesien determinasi).Berdasarkan hasil penelitian dari hasil analisis statistik menunjukan bahwa: (1) Kualitas Pelayanan perpustakaan di Madrasah Tsanawiyah Negeri se-Kota Bandung memperoleh nilai mean sebesar 3,85 yang berada pada interval 3,40 – 4,19 sehingga termasuk ke dalam kualifikasi “Tinggi”; (2) Minat kunjung peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri se-Kota Bandung memperoleh nilai mean sebesar 3,56 yang berada pada interval 3,40 – 4,19 sehingga termasuk ke dalam kualifikasi “Tinggi”; (3) Terdapat pengaruh kualitas pelayanan perpustakaan terhadap minat kunjung peserta didik yang diperoleh dari hasil perbandingan antara nilai signifikansi dengan nilai probabilitas yaitu sebesar 0,000 < 0,05. Sedangkan hasil perbandingan dari thitung dengan ttabel sebesar 7,670 > 1,985 yang artinya bahwa kualitas pelayanan perpustakaan terhadap minat kunjung terdapat pengaruh yang siginifikan. Kemudian koefisien korelasi (R Square) menunjukan angka sebesar 0,367 yang artinya bahwa besarnya pengaruh kualitas pelayanan perpustakaan terhadap minat kunjung sebesar 36,7% sedangkan sisanya 61,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perpustakaan; Minat; Peserta Didik |
Subjects: | General Libraries, General Archieves, Information Centers Devoted to General Subjects and Disciplines > School Libraries Use of Other Information Media > Reading Interest and Habits |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Shofa Fauziah |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 01:37 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 01:37 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93800 |
Actions (login required)
View Item |