Sulistiya, Elsa (2024) Pengaruh penggunaan metode SQ3R untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas IV. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRACT)
ABSTRACT.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (284kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) |
||
Text (BAB III)
Text (BAB III).pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (948kB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (144kB) |
Abstract
Permasalahan terjadi di kelas IV MIN 2 Kota Bandung, yaitu rendahnya. kemampuan membaca pemahaman peserta didik pada pelajaran Bahasa Indonesia. berdasarkan studi pendahuluanyang dilakukan oleh peneliti bahwasannya dari 51 peserta didik yang mendapatkan nilai di atas KKM hanya 9 peserta didik saja. Rendahnya kemampuan membaca pemahaman peserta didik dalam memberikan masalah yang berkaitan dengan isi bacaan hanya beberapa peserta didik saja yang mampu jawab pertanyaan dengan tepat, sehingga sebagian peserta didik yang lainnya masih kebingungan, apalagi berkenaan untuk menentukan gagasan utama pada suatu paragraf atau membuat kesimpulan dari suatu bacaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) kemampuan membaca pemahaman peserta didik sebelum diterapkan metode SQ3R dan metode tanya jawab.(2) gambaran proses pembelajaran yang menerapkan metode SQ3R dan metode tanya jawab (3) kemampuan membaca pemahaman peserta didik setelah diterapkan metode SQ3R dan metode tanya jawab (4) peningkatan kemampuan membaca pemahaman peserta didik setelah diterapkan metode SQ3R dan metode tanya jawab (5) kemampuan membaca pemahaman peserta didik yang meterapkan metode SQ3R lebih baik dari yang menerapkan metode tanya jawab. Metode membaca SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) adalah metode membaca untuk memahami isi bacaan yang menerapkan sintaks dengan terstruktur pada penerapannya. Langkah-langkah dalam menggunakan metode SQ3R, yaitu melibatkan lima tahap yaitu survey, question, read, recite (recall), dan review. Tujuan dari penggunaan metode ini adalah untuk mempermudah pembaca dalam memahami konten yang dibacanya. Jenis penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan nonequivalen control group design. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. populasi penelitian ini Kelas IV MIN 2 Kota Bandung jumlah peserta didik kelas IV A yaitu 25 orang dan jumlah kelas IV B yaitu 26 orang. setelah dilakukan pengundian sederhana kelas eksperimen yaitu kelas IV A yang akan menggunakan metode SQ3R, sedangkan kelas IV B menggunakan meode tanya jawab. Hasil penelitian menunjukan bahwasannya kemampuan awal membaca pemahaman peserta didik kelas eksperimen memiliki rata-rata 36,00 dan kelas. kontrol 33.00. pada hasil akhir kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas eksperimen memiliki rata-rata 80,80 dan kelas kontrol 66,73. Peningkatan kedua kelas tersebut terlihat dari uji N-Gain hasil kelas eksperimen 0.7037 kategori cukup efektif, kelas kontrol 0,4589 dengan kategori kurang efektif secara signifikan tetapi dalam proses pembelajarannya metode tersebut efektif, pada hasil uji hipotesis hasilnya metode SQ3R lebih baik daripada metode tanya jawab
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Membaca Pemahaman; SQ3R; Metode Tanya Jawab |
Subjects: | Elementary Education Applied Linguistics > Reading |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Elsa Sulis Elsa Elsa |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 03:31 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 03:31 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93831 |
Actions (login required)
View Item |