Pengaruh kompetensi sosial tenaga administrasi sekolah terhadap pelayanan administrasi di Madrasah Aliyah Negeri Se-Kabupaten Bandung

Nurapriliani, Rinda (2024) Pengaruh kompetensi sosial tenaga administrasi sekolah terhadap pelayanan administrasi di Madrasah Aliyah Negeri Se-Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (715kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (944kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (744kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy

Abstract

Tenaga administrasi sekolah merupakan ujung tombak pelayanan jasa suatu lembaga, yaitu sebagai badan administrasi sekolah yang secara langsung menangani pelayanan secara internal maupun eksternal sekolah. Namun dalam pemberian layanan administrasi, tenaga administrasi sekolah masih kurang sigap dan cepat dalam memberikan pelayanan. Selain itu, masih ada yang bersikap kurang ramah kepada siswa. Hal tersebut dikarenakan keterbatasan pengembangan diri tenaga administrasi dalam pemberian layanan administrasi karena pengembangan kompetensi tenaga administrasi hanya disesuaikan dengan tupoksi masing-masing. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kompetensi sosial tenaga administrasi sekolah terhadap pelayanan administrasi di Madrasah Aliyah Negeri Se-Kabupaten Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan menyebarkan angket kepada 30 responden. Teknik analisis data pada penelitian ini berupa uji instrumen penelitian (validitas dan reliabilitas), uji analisis statistik, uji asumsi klasik (uji normalitas dan linearitas), uji regresi linear sederhana dan uji hipotesis (uji t dan uji koefisien determinasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa realitas variabel (X) kompetensi sosial tenaga administrasi sekolah di Madrasah Aliyah Negeri Se-Kabupaten Bandung dikategorikan “Tinggi” yaitu sebesar 4,46 berada pada interval 3,6-4,5. Kemudian realitas variabel (Y) pelayanan administrasi di Madrasah Aliyah Negeri Se-Kabupaten Bandung dikategorikan “Tinggi” yaitu sebesar 4,50 berada pada interval 3,6-4,5. Selanjutnya berdasarkan hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa kompetensi sosial tenaga administrasi sekolah memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pelayanan administrasi. Hal ini didukung dengan hasil analisis uji regresi linear sederhana dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Kemudian dilakukan uji koefisien determinasi dengan diperoleh nilai sebesar 0,563 yang berarti kontribusi variabel kompetensi sosial tenaga administrasi sekolah terhadap pelayanan administrasi sebesar 56,3%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi sosial; Pelayanan Administrasi; Tenaga Administrasi
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions within Groups
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Administration
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Rinda Nurapriliani
Date Deposited: 21 Aug 2024 06:22
Last Modified: 21 Aug 2024 06:22
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93880

Actions (login required)

View Item View Item