Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantu Virtual Field Trip terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem

Hanifah, Asla Zahid (2024) Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantu Virtual Field Trip terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (312kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)

Abstract

Salah satu bentuk keterampilan yang harus dikembangkan siswa dalam perkembangan zaman saat ini adalah keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantu Virtual Field Trip terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian Non-equivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan purposive sampling dengan jumlah 36 siswa pada kelas eksperimen dan 36 siswa pada kelas kontrol. Instrumen penelitian meliputi: lembar observasi keterlaksanaan, soal uraian sejumlah 10 soal pada pretest dan posttest serta angket respon siswa. Keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa mencapai kriteria sangat baik yakni dengan rata-ratai 98% baik di kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata N- Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,77 dengan kategori tinggi dan 0,45 pada kelas kontrol dengan kategori sedang. Hasil analisis uji t memperoleh nilai thitung 7,029 > ttabel 1.,994 pada taraf signifikansi 0,05 maka berdasarkan uji hipotesis dinyatakan Ha diterima dan Ho ditolak. Adapun hasil Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan Problem Based Learning (PBL) berbantu Virtual Field Trip memperoleh rata-rata 83% pada kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dari penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu Virtual Field Trip terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan berpikir kritis; Model pembelajaran PBL; Virtual Field Trip
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Education, Research
Ecology
Ecology > Population Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Asla Zahid Hanifah
Date Deposited: 28 Aug 2024 00:48
Last Modified: 28 Aug 2024 00:48
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/94115

Actions (login required)

View Item View Item