Penerapan Inquiry Training Model (ITM) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self-Efficacy peserta didik

Solihin, Muhammad Kahfi (2024) Penerapan Inquiry Training Model (ITM) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self-Efficacy peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (563kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (915kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang masih perlu ditingkatkan dalam pembelajaran matematika, sehingga diperlukan alternatif yang penelitian ini untuk membantu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik menggunakan Inquiry Training Model (ITM). Sampel penelitian yaitu kelas X-A sebagai kelas eksperimen dan kelas X-C sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen tes dan non tes dengan nilai reliabilitas tinggi. Hasil penelitian diperoleh bahwa: (a) Keterlaksanaan proses pembelajaran aktivitas guru dan peserta didik berada kategori sangat baik. (b) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang menggunakan Inquiry Training Model (ITM) lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran konvensional, (c) Self-efficacy peserta didik dalam pembelajaran Inquiry Training Model (ITM) memiliki sikap positif. Implikasi tersebut yaitu untuk memastikan implementasi ITM yang efektif, diperlukan program pelatihan dan pengembangan profesional bagi guru. Guru perlu dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam menerapkan model ini di kelas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Inquiry Training Model; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis; Self-efficacy
Subjects: Data Processing, Computer Science > Computers Mathematical Principles
Mathematics > Philosopy and Theory of Mathematics
Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Muhammad Kahfi Solihin
Date Deposited: 27 Aug 2024 03:13
Last Modified: 27 Aug 2024 03:13
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/94122

Actions (login required)

View Item View Item