Strategidakwah melalui musik hadrah untuk menarik minat jemaah menghadiri tablig akbar: Penelitian pada grup Hadrah Nazhirul Asrofi Desa Cipaku Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung

Fajar Sidiq, Saddam (2024) Strategidakwah melalui musik hadrah untuk menarik minat jemaah menghadiri tablig akbar: Penelitian pada grup Hadrah Nazhirul Asrofi Desa Cipaku Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text ((ABSTRAK))
2_abstrak.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text ((DAFTAR ISI))
3_daftarisi.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text ((BAB I))
4_bab1.pdf

Download (346kB) | Preview
[img] Text ((BAB II))
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text ((BAB III))
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text ((BAB IV))
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text ((DAFTAR PUSTAKA))
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy

Abstract

Kehadiran grup hadrah dalam mengisi suatu tablig akbar menjadi salah satu sebab akan banyaknya jemaah yang hadir. Ketertarikan jemaah untuk menghadiri tablig akbar ini bisa disebut sangat tinggi, karena dapat dilihat perbedaanya ketika tablig akbar tersebut tidak dihadirkannya sebuah grup hadrah untuk ikut meramaikan rangkaian acara, maka jumlah jemaah yang hadir relatif sedikit, begitupun sebaliknya. Untuk itu pentingnya mengetahui strategi dari sebuah grup hadrah yaitu Nazhirul Asrofi dalam menarik minat jemaah menghadiri tablig akbar. Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui strategi sentimental, strategi rasional dan strategi indrawi pada sebuah grup hadrah yaitu Nazhirul Asrofi untuk menarik minat jemaah menghadiri tablig akbar. Adapun teori strategi dakwah yang digunakan dalam penelitian ini adalah Abdul Fatah Al-Bayanuni (1940) menyatakan bahwa strategi adalah suatu perencanaan dan ketetapan yang telah dirumuskan untuk dapat mencapai tujuan tertentu. Strategi tersebut meliputi strategi sentimental yang berfokus pada aspek perasaan, strategi rasional berfokus pada akal, dan strategi indrawi berfokus pada yang terlihat ataupun terdengar. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme melalui pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui pengumpulan data observasi, ini berkaitan dengan mengamati secara langsung proses penampilan, sebelum penampilan dan setelah penampilan grup hadrah. Selanjtunya wawancara dilakukan kepada informan yakni ketua dan pengurus hadrah. Dokumentasi meliputi foto dan video pada kegiatan penampilan hadrah di tablig akbar. Analisis data penelitian melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi dakwah yang digunakan oleh grup hadrah Nazhirul Asrofi untuk menarik minat jemaah menghadiri tablig akbar terbagi menjadi tiga. Pertama, strategi sentimental dengan persiapan daftar tajuk shalawat, penampilan shalawat yang baik serta memperbaiki kualitas suara vokalis dari setiap penampilan. Kedua, strategi rasional meliputi perencanaan materi dakwah, pembawaan materi dakwah serta pembaharuan materi dakwah untuk perubahan pada penampilan selanjutnya. Ketiga, strategi indrawi meliputi pelaksanaan latihan rutin untuk memperkuat chemistry dan harmonisasi sesama anggota, menyebarkan pamplet jadwal penampilan, persiapan sound system yang baik, berpakaian sopan dan rapi serta memperbaiki kualitas penampilan hadrah. Adapun temuan yang didapat berdasarkan hasil penelitian meliputi syair yang memiliki makna mendalam dalam sisi sentimental, retorika sebagai cara pembawaan materi dalam sisi rasional serta instrumen hadrah yang baik dalam sisi indrawi. Implikasi yang muncul secara sosial yaitu diharapkan kepada masyarakat untuk mengedepankan pentingnya menuntut ilmu. Sehingga dengan adanya penelitian ini diharapkan bisa membuka wawasan kepada grup hadrah lainnya untuk lebih berinovatif dalam melakukan penampilan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hadrah; musik dakwah; minat jemaah; strategi dakwah
Subjects: Islam > Da'wah
Islam Umum > Islam dan Kesenian
Education > Sociology of Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Saddam Fajar Sidiq
Date Deposited: 02 Sep 2024 23:06
Last Modified: 02 Sep 2024 23:06
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/94901

Actions (login required)

View Item View Item