Hubungan tingkat kesejahteraan pegawai dengan komitmen organisasi: Penelitian Expost Facto pada lembaga pendidikan di Yayasan Ibadurrohman Kota Tasikmalaya

Suherlan, Pramesti Salma Ihsandina Suherlan (2024) Hubungan tingkat kesejahteraan pegawai dengan komitmen organisasi: Penelitian Expost Facto pada lembaga pendidikan di Yayasan Ibadurrohman Kota Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (433kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (762kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy

Abstract

Tingkat kesejahteraan di lembaga pendidikan saat ini menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatian, terutama kesejahteraan pegawai. Ketika pegawai merasa bahwa kesejahteraanya tidak terpenuhi, mereka cenderung merasa tidak dihargai dan kurang termotivasi untuk berkomitmen terhadap pekerjaanya dan lembaga pendidikan tersebut. Hal ini menyebabkan timbulnya niat berpindah (turnover intention) dan penurunan produktifitas kinerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesejahteraan pegawai di Yayasan Ibadurrohman, mengetahui komitmen organisasi di Yayasan Ibadurrohman, serta menganalisis hubungan tingkat kesejahteraan pegawai dengan komitmen organisasi pada lembaga pendidikan di Yayasan Ibadurohman Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif dan expost facto. Pengumpulan data melalui kuisioner berdasarkan EWB Scale dan TCM of Commitment Scale dengan pengukuran menggunakan skala likert. Responden penelitian adalah pegawai dari seluruh unit lembaga di Yayasan Ibadurrohman Kota Tasikmalaya sebanyak 63 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, uji korelasi, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan tingkat kesejahteraan pegawai termasuk dalam kategori “Tinggi” yaitu memiliki rata – rata sebesar 3,94. Komitmen organisasi termasuk dalam kategori “Tinggi” yaitu memiliki rata – rata sebesar 3,55. Hasil uji korelasi diperoleh nilai korelasi Pearson tingkat kesejahteraan pegawai dan komitmen organisasi sebesar 0,640,serta diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05. Hal ini menunjukan hubungan antar kedua variabel kuat, positif dan signifikan. Nilai koefisien determinasi (R Square) yaitu sebesar 0,410. Hal ini diartikan bahwa sekitar 41% variasi dalam hubungan antara kedua variabel dapat dijelaskan oleh tingkat kesejahteraan pegawai. Sedangkan untuk sisanya, sebesar 59% dari hubungan kedua variabel dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Semakin tinggi tingkat kesejahteraan pegawai, semakin tinggi pula komitmen organisasi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahwasannya Ha diterima dan Ho ditolak, yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat kesejahteraan pegawai dengan komitmen organisasi di Yayasan Ibadurrohman Kota Tasikmalaya. Penelitian ini bermanfaat sebagai bahan rujukan bacaan, implikasi, dan evaluasi bagi lembaga pendidikan untuk meningkatkan kesejahteraan pegawai apabila ingin memiliki pegawai yang berkomitmen tinggi. Bagi peneliti selanjutnya penelitian ini menjadi rujukan untuk lebih diperbaharui dengan memperluas jangkauan sampel penelitian, memasukkan karakteristik responden dan indikator parsial dalam pengujian pengaruh agar hasil yang didapatkan lebih terperinci.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tingkat kesejahteraan pegawai; Komitmen organisasi; Yayasan pendidikan
Subjects: Labor Economics > Labor Force, Employee
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Customs of People > Organization and Management
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Pramesti Salma Ihsandina Suherlan
Date Deposited: 02 Sep 2024 08:31
Last Modified: 02 Sep 2024 08:31
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/95239

Actions (login required)

View Item View Item