Penggunaan buku bahasa Arab KMA 183 tahun 2020 dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan menulis: Studi eksperimen terhadap siswa kelas VII SMP Terpadu Dampasan Ciamis

Nurullaily, Septi (2024) Penggunaan buku bahasa Arab KMA 183 tahun 2020 dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan menulis: Studi eksperimen terhadap siswa kelas VII SMP Terpadu Dampasan Ciamis. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
TESIS AKHIR-COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
TESIS AKHIR-ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
TESIS AKHIR-DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TESIS AKHIR-BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
TESIS AKHIR-BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
TESIS AKHIR-BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
TESIS AKHIR-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB VI)
TESIS AKHIR-BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
TESIS AKHIR-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran adalah sebuah proses interaksi yang dilakukan peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Dalam pembelajaran Bahasa Arab terdapat uraian materi yang disusun secara sistematis dengan tujuan tertentu yang biasa dikenal dengan istilah buku teks atau buku pelajaran. Penulis menemukan permasalahan dalam penggunaan buku ajar pada siswa kelas VII SMP Terpadu Dampasan dimana guru mengajarkan keterampilan menulis dan berbicara tidak menggunakan perencanaan yang khusus. Oleh karena itu, siswa mendapatkan kesulitan dalam berbicara dan menulis bahasa Arab yang pada akhirnya nilai yang diperoleh siswa berada dibawah standar KKM. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan berbicara dan menulis siswa kelas tujuh SMP Terpadu Dampasan sebelum menggunakan buku bahasa Arab KMA 183 Tahun 2020 dan setelah penggunaannya. Kemudian untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbicara dan menulis siswa kelas tujuh SMP Terpadu Dampasan Ciamis dengan menggunakan buku bahasa Arab KMA 183 Tahun 2020. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen dan metode yang digunakan yaitu one group pretest-posttest. Peneliti menggunakan observasi, wawancara, tes untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan. Dan peneliti menggunakan analisis deskriptif, uji normalitas, uji t berpasangan dengan bantuan SPSS. Hasil dari penelitian bahwasan nya keterampilan berbicara sebelum penggunaan buku ajar menunjukan angka 53.81, dan hasil dari keterampilan menulis sebelum penggunaan buku ajar menunjukan angka 38,96. Efektifitas keterampilan berbicara setelah penggunan buku ajar menunjukan angka 75.00. dan efektifitas keterampilan menulis setelah penggunaan buku ajar menunjukan angka 73,96. Oleh karena itu, penggunaan buku ajar ini cukup efektif. Dan memberikan pengaruh signifikan dalam meningkatkan keterampilan berbicara dan menulis siswa Kata Kunci: Buku Ajar, Keterampilan berbicara, keterampilan menulis

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Buku Bahasa Arab KMA 183; Keterampilan menulis; keterampilan menulis
Subjects: Arabic
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Septi Nurul laily
Date Deposited: 03 Sep 2024 23:11
Last Modified: 03 Sep 2024 23:11
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/95688

Actions (login required)

View Item View Item