Alim, Steven Hulian Nur (2024) Adaptasi pedagang konvensional di tengah perkembangan E-commerce: Penelitian pada Pedagang Konvensional di Pasar Kosambi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (332kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (341kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (493kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perkembangan online shop yang menyebabkan pergeseran cara berbelanja masyarakat dari cara konvensional ke online sehingga menurunkan minat masyarakat untuk berbelanja secara konvensional, seperti halnya belanja ke pasar. Hal ini membuat keberadaan pedagang pasar konvensional menjadi tersisihkan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana persepsi pedagang pasar konvensional di Pasar Kosambi terhadap perkembangan e-commerce, Faktor-faktor yang melatarbelakangi pedagang Pasar Kosambi tetap berjualan secara konvensional serta strategi apa yang dilakukan oleh pedagang di Pasar Kosambi Bandung dalam beradaptasi di tengah perkembangan e-commerce. Penelitian ini menggunakan teori Fungsionalisme Struktural Talcott Parsons. Teori ini memandang masyarakat sebagai sistem sosial yang terdiri dari berbagai komponen yang memiliki fungsi dan bersifat timbal balik. Sistem sosial maupun sub sistem sosial mampu bertahan dari perubahan yang terjadi apabila dapat memenuhi empat kebutuhan fungsi dasar. Dengan demikian, teori ini dapat membantu Peneliti untuk menganalisis bagaimana pedagang konvensional di Pasar Kosambi mampu bertahan dari perubahan yang disebabkan oleh perkembangan e-commerce. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data kualitatif yang bersumber dari data primer yaitu pedagang Pasar Kosambi dan data sekunder berupa buku, jurnal dan penelitian sebelumnya yang berkaitan dengan penelitian ini. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari lapangan kemudian diolah menggunakan teknik analisis data kualitatif versi Miles dan Huberman yang terdiri dari 3 proses yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pedagang Pasar Kosambi Bandung memiliki persepsi positif dan juga negatif pada perkembangan e-commerce. Adapun faktor-faktor yang melatarbelakangi pedagang Konvensional tidak beralih menggunakan online shop, yaitu; (1) Keterbatasan pengetahuan teknologi; (2) Kesulitan dalam mengelola transaksi online shop; (3) Keterbatasan biaya awal. Bentuk strategi adaptasi pedagang Pasar Kosambi Bandung dengan memberikan diskon, meningkatkan kualitas pelayanan, meningkatkan kualitas barang dagangan, mengiktu tren barang yang dijual, memanfaatkan social media sebagai sarana promosi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-commerce; Pedagang Konvensional; Strategi Adaptasi |
Subjects: | Social Process > Social Change Communities > Structure Communities |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi |
Depositing User: | Steven Hulian Nur Alim |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 02:42 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 02:42 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/95704 |
Actions (login required)
View Item |