Siti Jalilah, Siti (1210205084) (2014) Pengaruh Strategi Wankat-Oreovocz terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa (Studi Eksperimen di Kelas VIII SMP Nusantara Raya Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (118kB) | Preview |
|
Text (BAB I - IV)
4_bab1sd4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
5_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (21kB) |
Abstract
Permasalahan rendahnya pemecahan masalah matematik menjadi dasar dalam penelitian ini, sehingga alternatif solusi dalam mengatasi permasalahan tersebut mutlak diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah esensi dari pengaruh strategi Wankat-Oreovocz terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. Mengarah pada tujuan tersebut maka penelitian ini mengkaji: 1) gambaran aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran matematika menggunakan strategi Wankat-Oreovocz; 2) perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa antata siswa yang menggunakan strategi Wankat-Oreovocz Berpasangan, strategi Wankat-Oreovocz Berkelompok, dan pembelajaran Konvensional; 3) sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi Wankat-Oreovocz. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group, desain ini termasuk kepada desain Quasi Experimental. Subyek penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Nusantara Raya Bandung tahun pelajaran 2013/2014 dengan sampel penelitiannya adalah siswa kelas VIII-2, VIII-3, dan VIII-4. Instrument penelitian berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa, tes awal (pretest) dan test akhir (posttest) serta skala sikap siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Aktivitas guru dan siswa yang menggunakan strategi Wankat-Oreovocz Berpasangan dan strategi Wankat-Oreovocz Berkelompok mengalami peningkatan dari setiap pertemuan; 2) Tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa antara siswa yang memperoleh pembelajaran matematika menggunakan strategi Wankat-Oreovocz Berpasangan, strategi Wankat-Oreovocz Berkelompok dengan pembelajaran Konvensional; 3) Sikap siswa yang menggunakan strategi Wankat-Oreovocz Berpasangan dan strategi Wankat-Oreovocz Berkelompok positif, baik terhadap pembelajaran matematika, terhadap pembelajaran matematika dengan strategi Wankat-Oreovocz, maupun terhadap soal-soal pemecahan masalah matematik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan pemecahan masalah matematik, strategi Wankat-Oreovocz Berpasangan dan strategi Wankat-Oreovocz Berkelompok. |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Mathematics > Research Methods of Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 11 not found. |
Date Deposited: | 24 Mar 2016 04:06 |
Last Modified: | 30 Mar 2016 04:32 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/960 |
Actions (login required)
View Item |