Keterampilan argumentasi siswa menggunakan model Creative Problem Solving (CPS) berbantu Padlet pada Materi Keanekaragaman hayati

Maulidiyah, Ainu Zakiah (2024) Keterampilan argumentasi siswa menggunakan model Creative Problem Solving (CPS) berbantu Padlet pada Materi Keanekaragaman hayati. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi (1).pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (482kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (826kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)

Abstract

Kesulitan siswa menguasai materi keanekaragaman hayati berdampak rendahnya keterampilan argumentasi. Penelitian bertujuan menganalisis keterampilan argumentasi siswa menggunakan model Creative Problem Solving berbantu Padlet pada materi keanekaragaman hayati. Quasi experimental jenis desain non- equivalent control group menerapkan dua kelas X-2 dan X-3. Teknik purposive sampling dengan subjek penelitian sebanyak 60 siswa. Instrumen berupa soal essai dengan indikator Claim, Evidence, Warrant, Backing, Rebuttal, dan Qualifier yang berjumlah 12. Analisis data menggunakan persentase kriteria level. Data hasil keterampilan argumentasi berupa nilai rata-rata pretest dan posttest kelas eksperimen yaitu 81,13 dan 85,33, sedangkan nilai rata-rata pretest dan posttest kelas reguler yaitu 80,56 dan 81,83. Kualitas level kelas eksperimen maupun reguler kriteria tinggi pada level 4. Terdapat perbedaan yang signifikan hasil keterampilan argumentasi siswa kelas eksperimen dan kelas reguler. Bagi ahli pendidikan yang lain untuk memperoleh pembekalan keterampilan argumentasi dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Creative Problem Solving; Keterampilan Argumentasi; Keanekaragaman Hayati
Subjects: Education
Biology > Biologist
Ecology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Ainu Zakiah Maulidiyah
Date Deposited: 04 Sep 2024 07:36
Last Modified: 04 Sep 2024 07:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96097

Actions (login required)

View Item View Item