Kafi, Muhammad Kafnun (2024) Pengaruh model Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap motivasi belajar dan hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pada materi Akhlak: Penelitian quasi eksperimen di kelas VI SDIT Alif Bogor. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (929kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (780kB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (124kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (478kB) |
Abstract
Dalam upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, penerapan model pembelajaran yang efektif menjadi penting dalam dunia pendidikan. Salah satu pendekatan yang mulai diterapkan adalah Contextual Teaching and Learning (CTL) yang bertujuan untuk membuat pembelajaran lebih bermakna dan relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Namun, dalam kenyataannya, model pembelajaran konvensional yang masih sering digunakan belum mampu memenuhi harapan dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif siswa. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk melihat sejauh mana penerapan model CTL dapat memberikan pengaruh positif terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa pada materi akhlak dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi: a) Penerapan model pembelajaran CTL dalam pembelajaran PAI materi akhlak di kelas VI SDIT Alif Bogor, b) Pengaruh model pembelajaran CTL terhadap motivasi belajar siswa, c) Pengaruh model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar kognitif siswa, d) Pengaruh model pembelajaran CTL secara bersama-sama terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran PAI materi akhlak. Penelitian ini didasarkan pada teori bahwa pendekatan pembelajaran yang relevan dan kontekstual dapat meningkatkan motivasi serta hasil belajar siswa secara lebih efektif dibandingkan metode konvensional. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen melalui analisis korelasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes, angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran CTL di kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dalam hal motivasi belajar dan hasil belajar kognitif siswa. 2) pengaruh model pembelajaran CTL terhadap motivasi belajar siswa menunjukkan hubungan positif dimana model CTL memiliki pengaruh sebesar 36% pada pretest dan 60% pada posttest. 3) Pengaruh model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar kognitif siswa menunjukkan hasil yang positif, dimana model CTL memiliki pengaruh sebesar 36% pada pretest dan 43% pada posttest. 4) Pengaruh model pembelajaran CTL secara bersama-sama terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa menunjukkan hasil yang positif, dimana model CTL memiliki pengaruh sebesar 37% pada pretest dan 64% pada posttest.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran CTL; Motivasi Belajar; Hasil Belajar Kognitif; PAI Materi Akhlak |
Subjects: | Islam Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhammad Kafnun Kafi |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 03:53 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 03:53 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96293 |
Actions (login required)
View Item |