Peran Guru Bimbingan dan Konseling (BK) dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa: Penelitian di SMK Muhammadiyah 2 Kota Bandung

Maulidia, Zahwa Ayu Ar-Razaq (2024) Peran Guru Bimbingan dan Konseling (BK) dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa: Penelitian di SMK Muhammadiyah 2 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (210kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terjadinya beberapa fenomena yang berkaitan dengan kurangnya perhatian yang diberikan dalam perkembangan diri pada anak usia remaja. Karenanya, kecerdasan intelektual saja tidak cukup dalam proses perkembangan diri. Kecerdasan emosional juga memainkan peran penting dalam membentuk individu yang seimbang dan mampu beradaptasi dalam berbagai situasi kehidupan. Hal tersebut menunjukkan perlunya dilakukan kegiatan lain diluar proses pembelajaran formal dalam kelas. Dalam hal ini layanan bimbingan dan konseling yang dilaksanakan oleh guru BK di lingkungan sekolah diharapkan dapat berperan dalam membantu para siswa untuk mengembangkan dirinya. Dilakukannya penelitian ini dengan tujuan untuk: 1) mengetahui bagaimana kondisi kecerdasan emosional para siswa di SMK Muhammadiyah 2 Kota Bandung, 2) mengetahui peranan dari guru BK dan proses layanan BK yang diberikan di SMK Muhammadiyah 2 Kota Bandung untuk mengembangkan kecerdasan emosional para siswa, dan 3) mengetahui hasil dari peranan guru BK dan layanan BK yang diberikan di SMK Muhammadiyah 2 Kota Bandung dalam mengembangkan kecerdasan emosional para siswa. Pendekatan maupun teori yang digunakan dalam penelitian ini yakni teori kecerdasan emosional yang dipopulerkan oleh seorang psikolog Daniel Goleman yang berpendapat bahwa kecerdasan emosional merupakan suatu kemampuan yang dimiliki oleh individu untuk mengenal perasaan kita sendiri dan perasaan orang lain, kemampuan untuk memotivasi diri sendiri dan juga kemampuan untuk mengelola emosi dengan baik pada diri sendiri maupun pada hubungan dengan orang lain. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif. Adapun teknik yang digunakan untuk pengambilan data dilakukan melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilakukan kecerdasan emosional yang dimiliki para siswa cenderung beragam. Hal tersebut menjadikan guru BK memegang peran yang cukup krusial dengan memberikan berbagai proses dan layanan bimbingan dan konseling demi mencapai hasil yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Guru BK; Bimbingan dan Konseling; Kecerdasan Emosional
Subjects: Education > Psychology of Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Zahwa Ayu Ar-Razaq Maulidia
Date Deposited: 06 Sep 2024 01:58
Last Modified: 06 Sep 2024 01:58
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96306

Actions (login required)

View Item View Item