Hanun, Nabilah (2024) Pengembangan E-Modul Matematika berbasis Android menggunakan Thunkable. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (127kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (93kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) |
Abstract
Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini karena ketersediaan media pembelajaran yang belum bervariatif untuk memfasilitasi pembelajaran matematika. Pada penelitian ini dilakukan pengembangan aplikasi e-modul berbasis Android menggunakan Thunkable yang dijadikan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran pada pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan, validitas, dan praktikalitas e-modul matematika berbasis Android menggunakan Thunkable, serta respon peserta didik terhadap penggunaannya dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap Analisis (Analysis), perencanaan (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evalution). Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, lembar praktikalitas dan lembar kuisoner respon peserta didik dengan uji coba produk dilakukan di salah satu sekolah di Kabupaten Garut. Hasil penelitian yang diperoleh meliputi: (a) pengembangan e-modul matematika berbasis Android menggunakan Thukable dengan tahap ADDIE dilaksanakan dengan baik sehingga menghasilkan produk yang layak; (b) e-modul matematika e-modul matematika berbasis Android menggunakan Thukable memenuhi validitas pada kriteria sangat valid; (c) Praktikalitas peserta didik memenuhi praktikalitas dengan kriteria sangat praktis; dan (d) Penilaian respon peserta didik terhadap e-modul matematika berbasis Android menggunakan Thunkable menunjukkan hasil dengan kriteria yang sangat baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Modul Matematika; Android; Thunkable |
Subjects: | Education Education > Research and Statistical Methods Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Mathematics > Research Methods of Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nabilah Hanun |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 04:28 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 04:28 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96330 |
Actions (login required)
View Item |