Pengembangan E-Modul Matematika berbasis Android menggunakan Thunkable

Hanun, Nabilah (2024) Pengembangan E-Modul Matematika berbasis Android menggunakan Thunkable. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (127kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)

Abstract

Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini karena ketersediaan media pembelajaran yang belum bervariatif untuk memfasilitasi pembelajaran matematika. Pada penelitian ini dilakukan pengembangan aplikasi e-modul berbasis Android menggunakan Thunkable yang dijadikan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran pada pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan, validitas, dan praktikalitas e-modul matematika berbasis Android menggunakan Thunkable, serta respon peserta didik terhadap penggunaannya dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap Analisis (Analysis), perencanaan (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evalution). Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, lembar praktikalitas dan lembar kuisoner respon peserta didik dengan uji coba produk dilakukan di salah satu sekolah di Kabupaten Garut. Hasil penelitian yang diperoleh meliputi: (a) pengembangan e-modul matematika berbasis Android menggunakan Thukable dengan tahap ADDIE dilaksanakan dengan baik sehingga menghasilkan produk yang layak; (b) e-modul matematika e-modul matematika berbasis Android menggunakan Thukable memenuhi validitas pada kriteria sangat valid; (c) Praktikalitas peserta didik memenuhi praktikalitas dengan kriteria sangat praktis; dan (d) Penilaian respon peserta didik terhadap e-modul matematika berbasis Android menggunakan Thunkable menunjukkan hasil dengan kriteria yang sangat baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: E-Modul Matematika; Android; Thunkable
Subjects: Education
Education > Research and Statistical Methods
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Nabilah Hanun
Date Deposited: 05 Sep 2024 04:28
Last Modified: 05 Sep 2024 04:28
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96330

Actions (login required)

View Item View Item