Hubungan manajemen tenaga kependidikan dengan mutu layanan administrasi: Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri Se-Kabupaten Sumedang

Suhendra, Muhamad Rifai (2024) Hubungan manajemen tenaga kependidikan dengan mutu layanan administrasi: Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri Se-Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (291kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)

Abstract

Peranan sumber daya manusia di lembaga pendidikan memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mengelola dan mengatur madrasah, sehingga dalam kualitas dan ke efektifan ditentukan oleh proses manajemen yang dilaksanakan di lembaga pendidikan tersebut. Hal ini berhubungan erat dengan mutu pendidikan terhadap pelayanan administrasi di lembaga pendidikan islam. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan manajemen tenaga kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Sumedang (2) mengetahui mutu layanan administrasi di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Sumedang (3) menganalisis hubungan manajemen tenaga kependidikan dengan mutu layanan administrasi di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Sumedang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yakni, kuantitatif dengan metode deskriptif analisis korelasional. Proses pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket/kuesioner, dokumentasi dengan pengukuran skala likert. Untuk data yang dikumpulkan dengan kriteria responden kepala tata usaha, staf tata usaha dan guru Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Sumedang. Dengan jumlah responden yang menjadi sampel penelitian sebanyak 54 orang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) manajemen tenaga kependidikan di madrasah aliyah negeri se-kabupaten sumedang dikategorikan “sedang” yaitu sebesar 3,21 hasil dari pengolahan data (2) mutu layanan administrasi di madrasah aliyah negeri se-kabupaten sumedang dikategorikan “sedang” yaitu sebesar 3,24 dari hasil pengolahan data (3) berdasarkan hasil uji koefisien korelasi sebesar 0,000 < 0,05 artinya terdapat korelasi antar variabel, selanjutnya berdasarkan nilai pearson correlation sebesar 0,802 maka kedua variabel memiliki hubungan yang besar dan kuat. Pearson correlation pada analisis ini bernilai positif. Artinya, semakin baik dalam manajemen tenaga kependidikan maka akan semakin baik pula mutu layanan administrasi madrasah. Berdasarkan uji koefisien determinasi, diperoleh hasil sebesar 0,644 yang dapat diartikan bahwa kontribusi manajemen tenaga kependidikan terhadap mutu layanan administrasi sebesar 64,4 % sedangkan untuk 35,6 % dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Tenaga Kependidikan; Mutu Layanan
Subjects: Administration of Economy > Administration of Labor
Animal Husbandry > Education, Research, Related Topics
General Management > Elements of Personnel Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muhamad Rifai Suhendra
Date Deposited: 05 Sep 2024 07:01
Last Modified: 05 Sep 2024 07:01
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96369

Actions (login required)

View Item View Item