Amelia, Chindy Tri (2024) Pengembangan E-Modul statistika berbantuan software Book Creator pada kemampuan berpikir statistik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (882kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (432kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) | Request a copy |
Abstract
Kemajuan teknologi saat ini secara tidak langsung memengaruhi seluruh aspek kehidupan manusia termasuk dunia pendidikan. Dalam dunia pendidikan sudah seharusnya mengikuti perkembangan zaman yang ada agar pembelajaran di kelas menjadi lebih interaktif. Akan tetapi, kondisi di lapangan menunjukan bahwa pembelajaran di sekolah hanya menggunakan buku fisik atau cetak dan pemanfaatan teknologi khususnya smartphone untuk pembelajaran belum maksimal. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran berupa e-modul statistika berbantuan software book creator pada kemampuan berpikir statistik dilihat dari tingkat validitas, praktikalitas, efektivitas, dan respon siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 3D (define, design, develop) yang dimodifikasi dari model 4D (define, design, develop, disseminate). Sumber data diperoleh dari validator media dan materi, praktisi pendidikan, dan siswa kelas VIII C di SMPN 4 Jatinangor. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengembangan e-modul statistika berbantuan software book creator berjalan dengan baik dan sistematis sesuai dengan tahapan 3D, tingkat validitas memperoleh kriteria valid, praktikalitas memperoleh kriteria praktis, efektivitas memperoleh kriteria sedang, dan respon siswa memperoleh kriteria sangat baik. Hal itu menunjukan bahwa e-modul statistika berbantuan software book creator dapat digunakan sebagai salah satu alternatif media yang baik untuk digunakan dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-modul; kemampuan berpikir statistik; software book creator |
Subjects: | Education Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Chindy Tri Amelia |
Date Deposited: | 06 Sep 2024 06:17 |
Last Modified: | 06 Sep 2024 06:17 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96406 |
Actions (login required)
View Item |