Pengembangan E-Modul statistika berbantuan software Book Creator pada kemampuan berpikir statistik

Amelia, Chindy Tri (2024) Pengembangan E-Modul statistika berbantuan software Book Creator pada kemampuan berpikir statistik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (882kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan teknologi saat ini secara tidak langsung memengaruhi seluruh aspek kehidupan manusia termasuk dunia pendidikan. Dalam dunia pendidikan sudah seharusnya mengikuti perkembangan zaman yang ada agar pembelajaran di kelas menjadi lebih interaktif. Akan tetapi, kondisi di lapangan menunjukan bahwa pembelajaran di sekolah hanya menggunakan buku fisik atau cetak dan pemanfaatan teknologi khususnya smartphone untuk pembelajaran belum maksimal. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran berupa e-modul statistika berbantuan software book creator pada kemampuan berpikir statistik dilihat dari tingkat validitas, praktikalitas, efektivitas, dan respon siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 3D (define, design, develop) yang dimodifikasi dari model 4D (define, design, develop, disseminate). Sumber data diperoleh dari validator media dan materi, praktisi pendidikan, dan siswa kelas VIII C di SMPN 4 Jatinangor. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengembangan e-modul statistika berbantuan software book creator berjalan dengan baik dan sistematis sesuai dengan tahapan 3D, tingkat validitas memperoleh kriteria valid, praktikalitas memperoleh kriteria praktis, efektivitas memperoleh kriteria sedang, dan respon siswa memperoleh kriteria sangat baik. Hal itu menunjukan bahwa e-modul statistika berbantuan software book creator dapat digunakan sebagai salah satu alternatif media yang baik untuk digunakan dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: E-modul; kemampuan berpikir statistik; software book creator
Subjects: Education
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Chindy Tri Amelia
Date Deposited: 06 Sep 2024 06:17
Last Modified: 06 Sep 2024 06:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96406

Actions (login required)

View Item View Item