Pengaruh celebrity worship terhadap perilaku konsumtif dengan harga diri sebagai variabel moderator: Studi pada penggemar JKT48 yang berdomisili di Bandung

Ikhlassunniyah, Ananda Silvi (2024) Pengaruh celebrity worship terhadap perilaku konsumtif dengan harga diri sebagai variabel moderator: Studi pada penggemar JKT48 yang berdomisili di Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (359kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy

Abstract

Celebrity worship merujuk pada kekaguman yang berlebihan terhadap selebriti atau idola, seringkali mempengaruhi perilaku individu dalam membelanjakan barang dan jasa secara berlebihan atau dikenal dengan perilaku konsumtif. Harga diri diprediksi dapat memoderasi hubungan antara celebrity worship terhadap perilaku konsumtif. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana celebrity worship mempengaruhi perilaku konsumtif serta mengetahui peran harga diri dalam hubungan keduanya. Adapun metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik convenience sampling. Subjek pada penelitian ini sebanyak 210 orang penggemar JKT48 berdomisili Bandung dengan rentang usia 18 tahun - 25 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa celebrity worship berpengaruh terhadap perilaku konsumtif sebesar 36,7%. Namun penelitian ini menemukan bahwa harga diri tidak berperan sebagai moderator dalam hubungan antara celebrity worship dan perilaku konsumtif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: celbrity worship; perilaku konsumtif; harga diri
Subjects: Applied Psychology > Industrial Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Silvi Ananda
Date Deposited: 06 Sep 2024 05:47
Last Modified: 06 Sep 2024 05:47
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96441

Actions (login required)

View Item View Item