Annisha, Shifa (2024) Faktor yang mempengaruhi Impulsive Buying Behaviour pada pengguna e-Commerce Shopee di Desa Jati Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (549kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (466kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (848kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (825kB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (609kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (514kB) |
Abstract
Kemajuan teknologi telah membantu mengubah gaya hidup masyarakat. Dengan banyaknya keluar situs e-commerce yang menawarkan berbagai jenis produk secara online. Salah satunya Shopee termasuk situs e-commerce yang paling sering dikunjungi sehingga memudahkan penggunanya dalam berbelanja online. Shopee selalu menawarkan berbagai jenis promosi seperti; flash sale, free shipping atau pengiriman gratis, dll. Tingginya minat masyarakat terhadap Shopee dapat menimbulkan impulsive buying behaviour, yang mana pembelian spontan tidak berdasarkan kebutuhan tertentu. Impulsive buying behaviour akan menimbulkan pemborosan, dengan ini tidak diperbolehkan karena dapat mengakibatkan pemborosan yang berlebihan. Oleh karena itu, warga Desa Jati Kabupaten Garut perlu berpikir lebih matang sebelum membeli produk agar terhindar dari impulsive buying. Tujuan penelitian ini yaitu guna mengetahui apakah flash sale serta free shipping memiliki pengaruh terhadap impulsive buying behaviour pada pengguna e-commerce Shopee di Desa Jati Kabupaten Garut, baik dengan parsial ataupun simultan. Metode penelitian yang dipakai adalah dengan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini merupakan warga Desa Jati Kabupaten Garut yang menggunakan aplikasi shopee atau mempunyai pengalaman berbelanja melalui aplikasi shopee. Penelitian ini melibatkan sampel sebanyak 205 orang, dengan menggunakan rumus Krejcie dengan tingkat kepercayaan 90% dan random sampling dengan jumlah acak 7 (tujuh). Variabel penelitian ini adalah variabel dependen Impulsive Buying Behaviour (Y) dan variabel bebasnya adalah variabel Flash Sale (X1) serta variabel Free Shipping (X2). Teknik analisis penelitian ini menggunakan pengujian instrument, pengujian hipotesis klasik, analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi, serta pengujian hipotesis. Penelitian ini dilakukan tanpa analisis metode Exploratory Factor Analysis (EFA) dan Confirmatory Factory Analysis (CFA), karena faktor sudah diketahui, penelitian ini sudah mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi, sehingga tidak perlu eksplorasi untuk menemukan faktor baru. Peneliti menggunakan pra-survey dan didukung dengan penelitian terdahulu mengenai faktor flash sale dan free shipping itu sendiri mempengaruhi pada impulsive buying behaviour. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa flash sale mempunyai pengaruh secara parsial terhadap impulsive buying behaviour pada pengguna e-commerce Shopee di Desa Jati Kabupaten Garut, dan free shipping mempunyai pengaruh terhadap impulsive buying behaviour pada pengguna e-commerce Shopee di Desa Jati Kabupaten Garut. Sehingga, secara simultan flash sale dan free shipping ditemukan menjadi faktor yang memengaruhi impulsive buying behaviour pengguna e-commerce Shopee di Desa Jati, Kabupaten Garut.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Impulsive Buying Behaviour; Flash Sale; Free Shipping |
Subjects: | Islam > Islam and Economics Administration of Economy |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Shifa Annisha |
Date Deposited: | 08 Sep 2024 06:55 |
Last Modified: | 08 Sep 2024 06:55 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96571 |
Actions (login required)
View Item |