Penerapan pembelajaran berdiferensiasi terintegrasi Sosial Emotional Learning (SEL) dalam pembelajaran PAI untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 02 Dayeuhkolot Kabupaten Bandung

Kurniasih, Siti Rohmah (2024) Penerapan pembelajaran berdiferensiasi terintegrasi Sosial Emotional Learning (SEL) dalam pembelajaran PAI untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 02 Dayeuhkolot Kabupaten Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy

Abstract

Motivasi merupakan keseluruhan daya penggerak dalam diri individu yang dapat menimbulkan kegiatan belajar dan menjamin keberlangsungan kegiatan belajar sehingga tujuan yang di harapkan dapat tercapai. Namun ditemukan bahwa motivasi belajar PAI peserta didik kelas VII SMP Negeri 02 Dayeuhkolot Kabupaten Bandung menunjukan hasil yang rendah,banyak peserta didik yang tidak bersemangat belajar dan tidak terlibat aktif dalam pembelajaran di kelas. Hal ini karena guru masih menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional yang bersifat teacher centered. Dengan demikian, peneliti mencoba untuk menerapkan pembelajaran berdiferensiasi terintegrasi sosial emotional learning (SEL) untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengdeskripsikan penerapan pembelajaran berdiferensiasi terintegrasi sosial emotional learning (SEL) dalam pembelajaran PAI; 2) Mengetahui motivasi belajar peserta didik sebelum dan setelah di terapkannya pembelajaran berdiferensiasi terintegrasi sosial emotional learning (SEL) dalam pembelajaran PAI; dan 3) Mengetahui efektivitas peningkatan motivasi belajar peserta didik setelah di terapkannya pembelaajran berdiferensiasi terintegrasi sosial emotional learning (SEL) dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini berdasarkan kepada pemikiran bahwa salah satu faktor pendukung meningkatnya motivasi belajar peserta didik adalah pendekatan pembelajaran yang di sesuaikan dengan konteks kebutuhan belajar dan sosial emosional peserta didik. Oleh karena itu pemilihan pendekatan pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen non-equivalent group design. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 02 Dayeuhkolot Kabupaten Bandung, yang terdiri dari dua sampel kelas yaitu kelas VII D sebagai kelas eksperimen berjumlah 32 peserta didik, dan kelas VII F sebagai kelas kontrol berjumlah 32 peserta didik.Berdasarkan hasil penelitian, memperoleh hasil: 1) Penerapan pembelajaran berdiferensiasi terintegrasi sosial emotional learning (SEL) dalam pembelajaran PAI terlaksana dengan baik, hal ini terlihat dari perolehan hasil observasi pertemuan pertama pada kelas eksperimen yang memperoleh skor 96,19 dan pertemuan kedua memperoleh skor 95,37 sehingga memperoleh skor rata-rata 95,75 dengan kategori sangat baik; 2) Motivasi belajar peserta didik sebelum diberikan treatment memperoleh skor 77,83% dan setelah diberikan treatment meningkat menjadi 85,82% dengan kategori sangat tinggi; 3) Efektivitas peningkatan motivasi belajar peserta didik berdasarkan hasil uji N-Gain Score memperoleh skor rata-rata 0.3128 dengan interpretasi 0,3 ≤ 0,3128 ˂ 0,7 sehingga memiliki efektivitas sedang. Oleh karena itu dapat di simpulkan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar peserta didik setelah di terapkannya pembelajaran berdiferensiasi terintegrasi sosial emotional learning (SEL) dalam pembelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran berdiferensiasi; Sosial Emotional Learning; Pembelajaran PAI; Motivasi Belajar;
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Rohmah Kurniasih
Date Deposited: 06 Sep 2024 06:16
Last Modified: 06 Sep 2024 06:16
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96642

Actions (login required)

View Item View Item