Pembelajaran pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam kurikulum Merdeka : Analisis terhadap kurikulum Merdeka mata pelajatan PAI-BP fase D

Rahmah, Siti Ghaida Ulida (2024) Pembelajaran pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam kurikulum Merdeka : Analisis terhadap kurikulum Merdeka mata pelajatan PAI-BP fase D. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (254kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perubahan kurikulum nasional dari Kurikulum 2013 ke Kurikulum Merdeka. Hal ini berdampak juga pada mata pelajaran PAI-BP di sekolah. Dengan adanya pengembangan kurikulum tersebut, terjadi perbedaan dan perubahan sistem pembelajaran yang akan diimplementasikan oleh seorang pendidik di sekolah. Dalam penelitian ini, peneliti akan mencoba menganalisis implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Kurikulum Merdeka pada fase D. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) standar kompetensi lulusan pada mata pelajaran PAI-BP fase D dalam Kurikulum Merdeka; (2) standar isi pada mata pelajaran PAI-BP fase D dalam Kurikulum Merdeka; (3) standar proses pada mata pelajaran PAI-BP fase D dalam Kurikulum Merdeka; dan (4) standar penilaian pada mata pelajaran PAI-BP fase D dalam Kurikulum Merdeka. Kerangka teori dalam penelitian ini berdasarkan pada pengembangan kurikulum yang mengacu pada keempat standar yang dijadikan tujuan pada penelitian ini. Konsep kesinambungan antarstandar berperan penting dalam konteks teori pengembangan kurikulum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode content analysis (analisis isi), yang membahas secara mendalam terhadap isi dari suatu informasi yang tertulis atau tercetak dalam media massa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi dokumentasi dengan metode analisis data yang dilakukan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penampilan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa: (1) standar kompetensi lulusan PAI-BP fase D secara umum dalam aspek afektif peserta didik mampu meyakini keenam rukun iman, dalam aspek kognitif peserta didik mampu memahami ajaran agama dan dalam aspek psikomotorik peserta didik mampu berinisiatif untuk peduli kepada diri, sesama dan lingkungan ; (2) standar isi PAI-BP fase D secara umum berupa elemen-elemen materi PAI-BP yang dipelajari di sekolah, yaitu: Al-Qur’an Hadis, akidah, akhlak, fikih, dan sejarah peradaban Islam; (3) standar proses pada pembelajaran PAI-BP meliputi: perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran, dan penilaian hasil pembelajaran. Alokasi waktu pembelajaran PAI-BP pada kelas VII dan VIII sebanyak 108 JP (intrakurikuler = 72 JP, kokurikuler = 36 JP) dan total JP per tahun PAI-BP kelas IX sebanyak 96 JP (intrakurikuler = 64 JP, kokurikuler = 32 JP); dan (4) standar penilaian PAI-BP fase D berupa pelaksanaan penilaian formatif dan sumatif serta penilaian pengetahuan, sikap, dan keterampilan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PAI-BP; Analisi; Kurikulum Merdeka
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Education
Curricula > Curriculum Development
Analysis, Theory of Functions
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ghaida Ulida Rahmah
Date Deposited: 06 Sep 2024 02:46
Last Modified: 06 Sep 2024 02:46
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96696

Actions (login required)

View Item View Item