Manajemen Pembelajaran PAI Terpadu dalam Membina Kompetensi Spiritual dan Sosial Peserta Didik di SMA Daarul Quran Bandung dan SMA Terpadu Darussalam Rajapolah Tasikmalaya

Handayani, Fitri (2024) Manajemen Pembelajaran PAI Terpadu dalam Membina Kompetensi Spiritual dan Sosial Peserta Didik di SMA Daarul Quran Bandung dan SMA Terpadu Darussalam Rajapolah Tasikmalaya. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (745kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realita saat ini, nampak peserta didik yang kompeten dalam pengetahuan dan keterampilannya namun lemah dalam segi kompetensi sikap spiritual dan sosialnya, baik dalam melaksanakan ibadah kepada Sang Pencipta, kurang santun terhadap orang tua, guru dan sesama manusia, terlebih dalam sikap terhadap lingkungannya, bahkan terhadap dirinya sendiri. Pembelajaran PAI di sekolah merupakan kategori manifestasi dari cita-cita hidup Islam dalam melestarikan, mewujudkan dan mentransformasikan nilai-nilai Islam kepada peserta didik, agar menjadi generasi yang memiliki keseimbangan sikap sosial dan spiritualnya. Hal ini dapat terwujud jika dikelola secara optimal melalui manajemen. Diperlukan adanya keterpaduan nilai-nilai Islami yang diformulasikan dalam cultural religious di sekolah, sehingga pembelajaran tetap mengedepankan pada pembinaan kompetensi spiritual dan kompetensi sosial, agar terbangun peserta didik yang berperilaku kompeten secara spiritual dan sosial. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis perencanaan, menggambarkan pengorganisasian, menjelaskan pelaksanaan, menganalisis pengawasan, menganalisis faktor pendukung dan penghambat, menjelaskan dampak manajemen pembelajaran PAI Terpadu dalam membina kompetensi spiritual dan sosial peserta didik di SMA Daarul Quran Bandung dan SMA Darussalam Rajapolah Tasikmalaya serta menciptakan desain model manajemen pembelajaran PAI Terpadu dalam membina kompetensi spiritual dan sosial peserta didik yang efektif. Metodologi penelitian yang digunakan pada penelitian ini, yakni menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi Teknik analisis data yang digunakan melalui, pengolahan data, penyajian data serta verifikasi data (simpulan). Simpulan penelitian ini adalah: 1) Perencanaan meliputi kurikulum, silabus dan RPP Terpadu. 2) Pengorganisasian meliputi pengorganisasian oleh tim pengembang kurikulum (TPK) dan musyawarah guru mata pelajaran (MGMP). 3) Pelaksanaan meliputi pelaksanaan pembelajaran PAI terpadu pada kegiatan intra kurikuler, ekstra kurikuler dan budaya pesantren. 4) Pengawasan meliputi pengawasan harian, mingguan, semesteran dan tahunan. 5) Faktor pendukung dan penghambat di kedua sekolah tersebut berasal dari faktor internal dan faktor eksternal. 6) Dampaknya, membentuk profil peserta didik yang berperilaku kompetensi spiritual dan berperilaku kompetensi sosial 7) Desain Model Manajemen Pembelajaran PAI Terpadu dalam Membina Kompetensi Spiritual dan Sosial Peserta Didik tercipta dengan berpedoman pada landasan (teologis, filosofis, kebijakan dan teori), devinisi, tujuan, komponen, visualisasi, implementasi, faktor kunci keberhasilan serta monitoring dan evaluasi (monev).

Item Type: Thesis (Doktoral)
Subjects: Spiritual Renewal
Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam > Konsentrasi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Fitri Handayani
Date Deposited: 06 Sep 2024 05:48
Last Modified: 06 Sep 2024 05:48
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96784

Actions (login required)

View Item View Item