Strategi Radar Bandung dalam mempertahankan eksistensi Koran di era digital

Nurfadilah, Lina (2024) Strategi Radar Bandung dalam mempertahankan eksistensi Koran di era digital. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (283kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (773kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAPUS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)

Abstract

Hadirnya media online yang serba digital yang dapat diakses melalui handphone mendorong perubahan pola konsumsi informasi khalayak. Kini, sumber informasi utama masyarakat bergeser yang awalnya adalah koran cetak menjadi media online. Hal ini mendorong mayoritas perusahaan pers untuk menghentikan produksi koran cetaknya sehingga eksistensi koran kian meredup. Akan tetapi, ditengah penurunan minat baca terhadap koran cetak, saat ini Radar Bandung masih mempertahankan eksistensi koran cetak. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui strategi yang diterapkan oleh Radar Bandung untuk mempertahankan eksistensi koran di era digital. Strategi ini mencangkup proses hunting berita, alur produksi koran, sistem distribusi, mekanisme iklan dan alur penjualan koran. Seluruh tahapan proses tersebut dilakukan oleh bidang redaksional, bidang cetak, bidang pemasaran, dan bidang iklan yang saling bekerja sama dan berkaitan satu sama lain. Paradigma penelitian adalah konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian secara deskriptif kualitatif yang berfokus pada pengumpulan kata, kalimat, dan gambar guna menghasilkan data yang mampu memberikan pemahaman lebih jelas dibandingkan angka. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dengan informan, dan dokumentasi. Adapun teori yang digunakan adalah Manajemen Penerbitan Pers dari Totok Djuroto (2002) yang memaparkan bahwa perusahaan pers membutuhkan tiga bidang utama dalam produksi surat kabar atau koran. Ketiga bidang tersebut adalah bidang redaksi, bidang cetak, serta bidang usaha. Penelitian ini menemukan bahwa Radar Bandung menerapkan strategi yang diimplementasikan melalui tiga bidang yang berperan pada alur produksi koran. Pertama, bidang redaksional menggunakan pelaporan mendalam (indepth reporting) sebagai edisi khusus yang terbukti meningkatkan penjualan koran cetak dan memberikan berita servis kepada langganan. Kedua, bidang cetak Radar Bandung bekerja sama dengan penerbitan milik Radar Bogor untuk mencetak koran dengan harga yang murah sehingga harga jual lebih murah. Ketiga, bidang usaha Radar Bandung mengutamakan penjualan kepada langganan dan mengelola iklan sebagai sumber pendapatan utama.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Koran; Esksistensi; Era Digital; Strategi
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Lina Nur Fadilah
Date Deposited: 08 Sep 2024 07:08
Last Modified: 08 Sep 2024 07:08
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96840

Actions (login required)

View Item View Item