Adawiyah, Latifa Wahyuniawati (2024) Aktivitas Digital Public Relations PT. Perkebunan Nusantara I Regional II dalam penyebaran informasi Corporate Action: Studi pada pengelolaan akun Instagram @ptpnviiiofficial. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftarisi.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab1.pdf Download (359kB) | Preview |
|
Text
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (402kB) | Request a copy |
||
Text
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) | Request a copy |
||
Text
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) | Request a copy |
Abstract
Media digital dan media sosial tercipta sebagai hasil dari kemajuan teknologi dan komunikasi. Saat ini media sosial juga digunakan oleh perusahaan atau lembaga untuk memantau, mengelola, dan berkomunikasi antara perusahaan dengan publiknya. Salah satu perusahaan yang memanfaatkan media sosial yaitu PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) I Regional II untuk menyebarkan informasi corporate action dan berinteraksi melalui media sosial Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penyebaran informasi corporate action melalui Instagram @ptpnviiiofficial dengan menggunaan konsep 4C yang digagas oleh Chris Heuer meliputi Context, Communication, Collaboration, dan Connection. Paradigma konstruktivistik dengan pendekatan kualitatif diterapkan dalam penelitian ini. Metode deskriptif digunakan dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, dokumentasi, dan observasi. PTPN I Regional II melakukan aktivitas digital public relations dalam penyebaran informasi corporate action dengan empat aspek. Aspek Context terdiri dari penentuan konten corporate action, penggunaan prinsip Amati, Tiru, dan Modifikasi, penggunaan bahasa Indonesia yang formal dan semi formal, serta pembuatan audio visual konten. Aspek Communication meliputi penggunaan fitur feeds, reels, caption, dan hashtag. Aspek Collaborations melibatkan kerjasama dengan pihak internal dalam mengemas informasi serta pihak eksternal yaitu LOGEE untuk meningkatkan engagement. Aspek Connection mencakup penggunaan sapaan yang menciptakan interaksi melalui like, komentar, dan direct message. Hasil penelitian menggambarkan bahwa aktivitas digital public relations dalam penyebaran informasi corporate action melalui Instagram @ptpnviiiofficial sejalan dengan konsep yang digunakan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Digital Public Relations; Penyebaran Informasi; Corporate Action; Instagram. |
Subjects: | Systems Systems > Theory of Communication and Control Social Interaction, Interpersonal Relations Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Latifa Wahyuniawati Adawiyah |
Date Deposited: | 08 Sep 2024 14:35 |
Last Modified: | 08 Sep 2024 14:35 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96908 |
Actions (login required)
View Item |