Aktivitas Digital Public Relations PT. Perkebunan Nusantara I Regional II dalam penyebaran informasi Corporate Action: Studi pada pengelolaan akun Instagram @ptpnviiiofficial

Adawiyah, Latifa Wahyuniawati (2024) Aktivitas Digital Public Relations PT. Perkebunan Nusantara I Regional II dalam penyebaran informasi Corporate Action: Studi pada pengelolaan akun Instagram @ptpnviiiofficial. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (359kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy

Abstract

Media digital dan media sosial tercipta sebagai hasil dari kemajuan teknologi dan komunikasi. Saat ini media sosial juga digunakan oleh perusahaan atau lembaga untuk memantau, mengelola, dan berkomunikasi antara perusahaan dengan publiknya. Salah satu perusahaan yang memanfaatkan media sosial yaitu PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) I Regional II untuk menyebarkan informasi corporate action dan berinteraksi melalui media sosial Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penyebaran informasi corporate action melalui Instagram @ptpnviiiofficial dengan menggunaan konsep 4C yang digagas oleh Chris Heuer meliputi Context, Communication, Collaboration, dan Connection. Paradigma konstruktivistik dengan pendekatan kualitatif diterapkan dalam penelitian ini. Metode deskriptif digunakan dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, dokumentasi, dan observasi. PTPN I Regional II melakukan aktivitas digital public relations dalam penyebaran informasi corporate action dengan empat aspek. Aspek Context terdiri dari penentuan konten corporate action, penggunaan prinsip Amati, Tiru, dan Modifikasi, penggunaan bahasa Indonesia yang formal dan semi formal, serta pembuatan audio visual konten. Aspek Communication meliputi penggunaan fitur feeds, reels, caption, dan hashtag. Aspek Collaborations melibatkan kerjasama dengan pihak internal dalam mengemas informasi serta pihak eksternal yaitu LOGEE untuk meningkatkan engagement. Aspek Connection mencakup penggunaan sapaan yang menciptakan interaksi melalui like, komentar, dan direct message. Hasil penelitian menggambarkan bahwa aktivitas digital public relations dalam penyebaran informasi corporate action melalui Instagram @ptpnviiiofficial sejalan dengan konsep yang digunakan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Digital Public Relations; Penyebaran Informasi; Corporate Action; Instagram.
Subjects: Systems
Systems > Theory of Communication and Control
Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Latifa Wahyuniawati Adawiyah
Date Deposited: 08 Sep 2024 14:35
Last Modified: 08 Sep 2024 14:35
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96908

Actions (login required)

View Item View Item