Peningkatan kemampuan penalaran adaptif dan persistence matematis siswa melalui pembelajaran Elicit Confront Identify Resolve Reinforce berbantuan Edmodo: Penelitian kuasi eksperimen pada siswa SMP Inovative School

Wulandari, Mauli (2024) Peningkatan kemampuan penalaran adaptif dan persistence matematis siswa melalui pembelajaran Elicit Confront Identify Resolve Reinforce berbantuan Edmodo: Penelitian kuasi eksperimen pada siswa SMP Inovative School. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (711kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (761kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran adaptif dan persistence matematis siswa melalui pembelajaran Elicit, Confront, Identify, Resolve, Reinforce (ECIRR) berbantuan Edmodo. Penelitian ini dilakukan di SMP Innovative School Cianjur menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah kelas VII dengan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan penalaran adaptif dan lembar skala sikap persistence matematis. Hasil temuan menunjukkan (a) Terdapat peningkatan kemampuan penalaran adaptif siswa yang memperoleh pembelajaran Elicit, Confront, Identify, Resolve, Reinforce (ECIRR) berbantuan Edmodo dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (b) Tidak terdapat perbedaan pencapaian kemampuan penalaran adaptif antara siswa yang memperoleh pembelajaran Elicit, Contfront, Identify, Resolve, Reinforce(ECIRR) berbantuan Edmodo dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional berdassarkan perbedaan gender atau jenis kelamin siswa; (c) Tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan persistence matematis siswa antara siswa yang memperoleh pembelajaran Elicit, Confront, Identify, Resolve, Reinforce (ECIRR) berbantuan Edmodo dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Penalaran Adaptif, Elicit Confront Identify Resolve Reinforce (ECIRR), Edmodo, Persistence Matematis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Penalaran Adaptif; Elicit Confront Identify Resolve Reinforce (ECIRR); Edmodo; Persistence Matematis
Subjects: Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Wulandari Mauli
Date Deposited: 09 Sep 2024 00:14
Last Modified: 09 Sep 2024 00:14
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97002

Actions (login required)

View Item View Item