Pengaruh model pembelajaran 3CM (Cool, Critical, Creatif, Meaningfull) dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif pada mata pelajaran IPA siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah: Penelitian kuasi eksperimen di MIN 2 Kota Bandung

Nurajijah, Novi Alpani (2024) Pengaruh model pembelajaran 3CM (Cool, Critical, Creatif, Meaningfull) dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif pada mata pelajaran IPA siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah: Penelitian kuasi eksperimen di MIN 2 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (961kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (466kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPA. Alternatif rendahnya keterampilan berpikir kreatif siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran 3CM (Cool, Critical, Creative, Meaningfull). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan rata-rata peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas V pada mata pelajaran IPA yang menggunakan model pembelajaran 3CM (Cool, Critical, Creative, Meaningfull) dengan siswa yang menggunakan model problem based learning. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MIN 2 Kota Bandung tahun pelajaran 2023/2024. Sampel yang diambil adalah kelas V-A dan kelas V-B. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji t independent. Hasil uji t berpasangan terhadap data pretest dan posttest menunjukan nilai signifikansi sebesar 0,000 maka terdapat perbedaan rata-rata peningkatan keterampilan berpikir kreatif pada mata pelajaran IPA menggunakan model 3CM . Model pembelajaran 3CM memiliki sintak pembelajaran diantaranya: memberikan motivasi, menginterpretasi masalah kontekstual, mengkritik masalah kontekstual, menyelesaikan konflik, mengonversi konsep menjadi produk kreatif, mengkonfirmasi produk kreatif,merefleksi yang bermakna.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran 3CM; Keterampilan Berpikir Kreatif; Model Problem Based Learning; Mata Pelajaran IPA
Subjects: Elementary Education
Natural Science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: novi alpani nurajijah
Date Deposited: 09 Sep 2024 02:46
Last Modified: 09 Sep 2024 02:46
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97014

Actions (login required)

View Item View Item