Nurajijah, Novi Alpani (2024) Pengaruh model pembelajaran 3CM (Cool, Critical, Creatif, Meaningfull) dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif pada mata pelajaran IPA siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah: Penelitian kuasi eksperimen di MIN 2 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (961kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (466kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (285kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (660kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (466kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPA. Alternatif rendahnya keterampilan berpikir kreatif siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran 3CM (Cool, Critical, Creative, Meaningfull). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan rata-rata peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas V pada mata pelajaran IPA yang menggunakan model pembelajaran 3CM (Cool, Critical, Creative, Meaningfull) dengan siswa yang menggunakan model problem based learning. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MIN 2 Kota Bandung tahun pelajaran 2023/2024. Sampel yang diambil adalah kelas V-A dan kelas V-B. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji t independent. Hasil uji t berpasangan terhadap data pretest dan posttest menunjukan nilai signifikansi sebesar 0,000 maka terdapat perbedaan rata-rata peningkatan keterampilan berpikir kreatif pada mata pelajaran IPA menggunakan model 3CM . Model pembelajaran 3CM memiliki sintak pembelajaran diantaranya: memberikan motivasi, menginterpretasi masalah kontekstual, mengkritik masalah kontekstual, menyelesaikan konflik, mengonversi konsep menjadi produk kreatif, mengkonfirmasi produk kreatif,merefleksi yang bermakna.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran 3CM; Keterampilan Berpikir Kreatif; Model Problem Based Learning; Mata Pelajaran IPA |
Subjects: | Elementary Education Natural Science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | novi alpani nurajijah |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 02:46 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 02:46 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97014 |
Actions (login required)
View Item |