Perilaku Joy Of Missing Out (JOMO) mahasiswa dalam mengatasi perilaku konsumtif akibat konten racun di Media Sosial Tiktok : Penelitian pada Mahasiswa FISIP UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2020 dan 2022

Kusnayadi, Tifani (2024) Perilaku Joy Of Missing Out (JOMO) mahasiswa dalam mengatasi perilaku konsumtif akibat konten racun di Media Sosial Tiktok : Penelitian pada Mahasiswa FISIP UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2020 dan 2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (359kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya konten racun di media sosial Tiktok yang mempromosikan produk-produk tren dan kekinian hingga menyebabkan timbul gaya hidup dan perilaku konsumtif bagi mahasiswa FISIP UIN Sunan Gunung Djati Bandung, akan tetapi masih terdapat juga mahasiswa FISIP yang berperilaku non-konsumtif. Di sisi lain, terdapat pula istilah JOMO yang bentuk perilakunya sejalan dengan perilaku non-konusmtif sehingga dapat digunakan untuk menghindari perilaku konsumtif akibat konten racun di media sosial Tiktok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media sosial Tiktok meliputi durasi dan konten yang ditonton, untuk mengetahui perilaku konsumsi mahasiswa dalam berbelanja online produk tren serta untuk mengetahui bentuk perilaku JOMO mahasiswa FISIP UIN SGD Bandung angkatan 2020 dan 2022 dalam menghindari perilaku konsumtif akibat konten racun di media sosial TikTok. Teori yang digunakan sebagai alat analisis pada penelitian ini yaitu Teori Tindakan Sosial Max Weber tipe tindakan berdasarkan rasionalitas, yaitu tindakan rasional nilai dan tindakan rasional instrumental. Teori ini dapat menjelaskan bahwa tindakan JOMO mahasiswa dalam mengatasi perilaku konsumtif dilakukan berdasarkan pertimbangan dan perhitungan rasional. Pendekatan dan metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif sehingga dapat memberi gambaran kondisi objek penelitian yaitu perilaku JOMO dan non-konsumtif mahasiswa. Jenis data yang digunakan data kualitatif dengan sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik penentuan informan yang digunakan yaitu teknik purposive sampling, di mana pemilihan sampel berdasarkan kriteria tertentu. Teknik pengumpulan data melalui observasi partisipan, wawancara semi-terstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial Tiktok dan perilaku konsumsi mahasiswa FISIP UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2020 dan 2022 berada di taraf wajar dan tidak berlebihan. Mahasiswa tidak mengalami kecanduan/addict menggunakan media sosial khususnya melihat tayangan konten racun di Tiktok dan mahasiswa tidak berperilaku konsumtif (boros). Hal ini dikarenakan perilaku JOMO mahasiswa yaitu fokus pada prioritas yang meliputi pengendalian diri, pembatasan media sosial dan manajemen uang yang efektif digunakan untuk menghindari dan mengatasi perilaku konsumtif akibat konten racun di media sosial Tiktok.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konten Racun; Perilaku Konsumtif; Joy Of Missing Out (JOMO)
Subjects: Ethics of Consumption
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
General Management > Consumer Behavior
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Tifani Kusnayadi
Date Deposited: 09 Sep 2024 06:21
Last Modified: 09 Sep 2024 06:21
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97091

Actions (login required)

View Item View Item