Khoerunnisa, Siti (2024) Penerapan metode student teams achievement divisions dan media wordwall untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak: Penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas VIII di MTs PPI 40 Sarongge Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (264kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (500kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (894kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan pada kelas VIII di MTs PPI 40 Sarongge, bahwa metode pembelajaran yang digunakan adalah metode pembelajaran yang masih umum seperti ceramah, maka dari itu masih banyak siswa yang malas saat pembelajaran berlangsung serta kurangnya respon yang diberikan siswa terhadap materi yang disampaikan oleh guru sehingga cenderung terciptanya suasana belajar yang pasif dan berdampak pada hasil belajar siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut penulis akan mencoba menerapkan metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan media Wordwall yang diasumsikan dapat berpengaruh pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Penerapan metode STAD dan media Wordwall pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas VIII MTs PPI 40 Sarongge, (2) Peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan metode STAD dan media Wordwall pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas VIII MTs PPI 40 Sarongge. Penelitian ini didasarkan pada kerangka berpikir bahwa metode STAD dan media Wordwall dapat berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, hipotesis dalam penelitian ini yaitu adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak setelah diterapkan metode pembelajaran Student Teams Achievement Divisions dan media Wordwall. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen one group pretest-posttest design. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh jumlah populasi siswa kelas VIII MTs PPI 40 Sarongge yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, statistik deskriptif, uji normalitas, uji N-Gain, dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: (1) Penerapan metode Student Teams Achievement Divisions dan media Wordwall berada pada kategori baik dengan skor lembar observasi guru mencapai nilai sebesar 86%, sementara observasi terhadap aktivitas siswa mencapai nilai sebesar 88%. (2) Terdapat peningkatan hasil belajar sebesar 70,29% yang diperoleh dari nilai N-Gain. Melalui uji hipotesis one sample t-test dengan hasil uji-t menunjukkan thitung 2,400 > ttabel 1,734 dan Sig. (2-tailed) 0,027 < 0,05. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa metode Student Teams Achievement Divisions dan media Wordwall pada siswa kelas VIII di MTs PPI 40 Sarongge Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang berhasil dilaksanakan dan membantu siswa untuk lebih aktif serta tidak merasa bosan saat proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa meningkat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode; Media; Hasil Belajar; STAD; Wordwall; PPI 40 Sarongge; |
Subjects: | Islam Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Khoerunnisa |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 02:37 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 02:37 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97201 |
Actions (login required)
View Item |