Program Tahfidz Al-Qur’an sebagai optimalisasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membentuk akhlak mulia peserta didik: Penelitian di SMP IT Qordova dan SMP Al Amanah Kabupaten Bandung

Khaeruniah, Ade Een (2024) Program Tahfidz Al-Qur’an sebagai optimalisasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membentuk akhlak mulia peserta didik: Penelitian di SMP IT Qordova dan SMP Al Amanah Kabupaten Bandung. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf - Cover Image

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftarisi)
3_daftarisi.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab1)
4_bab1.pdf

Download (382kB) | Preview
[img] Text (bab2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB) | Request a copy
[img] Text (bab3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (bab4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (bab5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy
[img] Text (daftarpustaka)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari adanya fenomena yang terjadi bahwa masih banyaknya perilaku atau akhlak kurang baik serta krisis moral dikalangan peserta didik. Fenomena tersebut menunjukkan bahwa tujuan Pendidikan Nasional sebagaimana terdapat dalam undang undang RI Nomor 20 tahun 2003 Bab II pasal 3 tentang Sistem Pendidikan Nasional belum tercapai secara optimal. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan: paradigma, tujuan, program, proses, evaluasi, faktor pendukung dan penghambat, serta dampak program tahfidz Al-Qur’an sebagai optimalisasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membentuk akhlak mulia peserta didik di SMP IT Qordova dan SMP Al Amanah Kabupaten Bandung. Penelitian ini juga didasarkan pada pemikiran bahwa teori rekonstruksi sosial atau rekonstruksionisme dapat menciptakan masyarakat baru yang adil dan makmur membangun kembali kehidupan masyarakat untuk mencapai kesejahteraan dalam segala bidang kehidupan. Pendidikan harus mengambil peran dalam menjawab permasalahan sosial sehingga sekolah menjadi bagian penting dalam melahirkan agent of change (agen perubahan). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif (qualitative research) menggunakan metode fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan kepustakaan. Analisis data dilakukan dengan memilah data yang diperoleh kemudian dikumpulkan untuk dianalisis dan diambil kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Paradigma Program tahfidz Al-Qur’an sebagai optimalisasi pembelajaran pendidikan agama Islam dalam membentuk akhlak mulia peserta didik di SMP IT Qordova dan SMP Al Amanah yaitu paradigma pendidikan akhlak berdasarkan perspektif Al-Qur’an; 2) Tujuan program tahfidz Al-Qur’an sebagai optimalisasi pembelajaran pendidikan agama Islam dalam membentuk akhlak mulia peserta didik di SMPIT Qordova dan SMP Al Amanah yaitu untuk menciptakan generasi yang berakhlak mulia; 3) Program tahfidz Al-Qur’an sebagai optimalisasi pembelajaran pendidikan agama Islam dalam membentuk akhlak mulia peserta didik di SMP IT Qordova dilaksanakan melalui program regular dan program takhosus sedangkan di SMP Al-Amanah dilakukan melalui kegiatan intrakurikuler masuk dalam 3 Jam Pelajaran dalam satu minggu meliputi kegiatan tilawah, Muroja’ah, ziyadah, dan One Day One Ayat melalui Voice Note; 4) Proses program tahfidz Al-Qur’an sebagai optimalisasi pembelajaran pendidikan agama Islam dalam membentuk akhlak mulia peserta didik di kedua sekolah tersebut diawali dengan menguatkan motivasi dan tanggung jawab belajar siswa dalam menghafal Al-Qur’an serta diwujudkan melalui tahapan perencanaan, pembelajaran, penggunaan media, metode dan administrasi pembelajaran 5) Evaluasi program tahfidz Al-Qur’an sebagai optimalisasi pembelajaran pendidikan agama Islam dalam membentuk akhlak mulia peserta didik dilakukan tidak hanya sekedar untuk mengetahui seberapa banyak hafalan, seberapa bagus bacaan Al-Qur’an tetapi juga dilakukan lebih pada seberapa besar perubahan akhlak siswa 6) Faktor pendukung dan penghambat program tahfidz Al-Qur’an sebagai optimalisasi pembelajaran pendidikan agama Islam dalam membentuk akhlak mulia peserta didik di kedua sekolah tersebut terdiri dari faktor pendukung dan penghambat internal dan eksternal 7) Dampak optimalisasi program tahfidz Al-Qur’an sebagai optimalisasi pembelajaran pendidikan agama Islam dalam membentuk akhlak mulia peserta didik di kedua sekolah tersebut menunjukkan dampak positif terhadap akhlak mulia sis kepada Allah, kepada manusia dan kepada alam berupa ketaatan dalam beribadah, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, istiqomah, sabar, mandiri, sopan santun, peduli sosial, dan peduli lingkungan.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: Tahfidz Al-Qur’an; Pendidikan Agama Islam; Akhlak Mulia; Peserta Didik;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam
Depositing User: Ade Een Khaeruniah
Date Deposited: 12 Sep 2024 02:34
Last Modified: 12 Sep 2024 02:34
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97210

Actions (login required)

View Item View Item