Perumusan strategi pengelolaan Zakat produktif dalam meningkatkan pemberdayaan Mustahik : Penelitian pada Baitulmaal Muamalat Perwakilan Wilayah Kantor (PWK) Jawa Barat

Kamilah, Siti Alizah Insani Nur (2024) Perumusan strategi pengelolaan Zakat produktif dalam meningkatkan pemberdayaan Mustahik : Penelitian pada Baitulmaal Muamalat Perwakilan Wilayah Kantor (PWK) Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (681kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (782kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB) | Request a copy
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy

Abstract

Lembaga zakat berperan penting dalam mengelola dan menyalurkan dana zakat kepada mustahik sesuai dengan ketentuan Islam. Penyaluran tersebut pastinya memerlukan strategi, salah satunya dilakukan dengan strategi penyaluran zakat produktif yang bertujuan untuk meningkatkan pemberdayaan pada mustahik. Baitulmaal Muamalat perwakilan wilayah kantor Jawa Baratt melakukan pengumpulan dana yang diperoleh dari para Muzakki dengan berbagai cara dan berbagai program untuk penerimaan zakat, penyaluran utama pada lembaga ini dilakukan dengan program zakat produktif bagi pemberdayaan para mustahik. Eksistensi Baitulmaal Muamalat PWK Jawa Barat telah ada sejak tahun 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seperti apa perumusan strategi yang dilakukan pada Baitulmaal Muamalat PWK Jawa Barat dalam pengelolaan zakat produktif untuk peningkatan pemberdayaan pada mustahik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan penerapan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan diantaranya dengan wawancara, observasi serta studi pustaka. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori perumusan strategi dari Fred R David, yang mana pada perumusan strategi ini dilakukan dengan tiga tahapan diawali dengan analisis lingkungan strategi, pencocokan faktor internal dan eksternal dengan beberapa strategi alternatif dan tahapan terakhir adalah penetapan strategi. Pemberdayaan menurut Ivancevich merupakan berbagi kekuasaan dan otoritas dengan subordinates untuk meningkatkan kepercayaan diri dan efektivitas mereka. Hasil penelitian ditemukan bahwa Baitulmaal Muamalat PWK Jawa Barat melakukan perumusan strategi melalui tahapan analisis lingkungan strategi, pencocokan faktor internal dan eksternal dengan alternatif strategi dan penetapan strategi.. Beberapa strategi ditetapkan Baitulmaal Muamalat PWK Jawa Barat dalam upaya pemberdayaan Mustahik yaitu melakukan kerjasama dengan pihak eksternal, pemaksimalan penggunaan teknologi serta melakukan pelatihan dan monitoring kepada para mustahik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: perumusan strategi; zakat produktif; pemberdayaan; mustahik.
Subjects: Islam > Zakat
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Penerima Zakat, Mustahiq
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Siti Alizah Insani Nur Kamilah
Date Deposited: 09 Sep 2024 03:04
Last Modified: 09 Sep 2024 03:04
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97233

Actions (login required)

View Item View Item