Syakur, Abdan (2024) Implementasi gaya kepemimpinan Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja Tenaga Pengajar: Studi deskriptif pada Sekolah Dasar Islam Terpadu At-Taufiq Kota Depok, Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (193kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (145kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (68kB) | Request a copy |
Abstract
Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) merupakan lembaga yang dapat dikatakan sebagai lembaga pendidikan dakwah karena di dalamnya terdapat nilai dan tujuand akwah Islam. Sosok yang memiliki peran penting dalam melakukan proses memimpin di dalam lebagatersebut adalah kepala sekolah. Cara seorang kepala sekolah memimpin merupakan proses dari implementasi gaya kepemimpinan yang dimilikinya. Kepala sekolah memiliki peran penting dalam memberikan motivasi yang dapat memberikan semangat hingga meningkatkan kinerja dari setiap tenaga pengajar yang ada. Kinerja yang meningkat juga tentu akan berpengaruh terhadap hasil pekerjaannya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui implementasi gaya kepemimpinan yang dilakukan seorang Kepala Sekolah dalam dalam proses pemberian tugas, pengambilan keputusa, serta penetapan dan penegakkan peraturan. Penelitian ini dilandasi dengan teori Path-Goal Evans-House (1970) yang menyatakan bahwa gaya kepemimpinan terdiri dari beberapa faktor, yakni kepeimpinan direktif, suportif, partisipatif, dan berorientasi pada prestasi. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma konstruktivisme. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Kemudian dalam pelaksanaan pengumpulan dala teknik yang digunakan adalah dengan melakukan observasi ke ketempat penelitian, wawancara dengan beberapa narasumber, dan dokumentasi dengan mencari data dari beberapa dokumen yang disajikan. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman dengan tiga alur kerja, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi gaya kepemimpinan Kepala SDIT At-Taufiq dalam proses pemberian tugas dilakukan dengan memperhatikan aspek kemampuan, kapasitas, dan latar belakang pendidikan seorang tenaga pengajar. (2) Kemudian dalam pengambilan keputusan Kepala SDIT At-Taufiq melakukannya secara demokratis dengan meminta pendapat seluruh staff dan jika diperlukan akan dilakukan secara otoriter. (3) Dalam penetapan peraturan, peraturan ditetapkan berdasarkan Al-Qur’an dan Hadist Nabi SAW. Kemudian dalam proses penegakkan peraturan, Kepala SDIT At-Taufiq memberlakukan sistem sanksi dan reward. Implikasi yang terlihat dari implementasi gaya kepemimpinan yang dilakukan adalah meningkatnya semangat tenaga pengajar dan membuat mereka lebih disiplin dan tertib dalam bertindak.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gaya kepemimpinan; implementasi; kinerja; SDIT |
Subjects: | Applied Psychology > Leadership Social Process > Leadership |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah |
Depositing User: | Abdan Syakur |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 03:02 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 03:02 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97496 |
Actions (login required)
View Item |