Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe round robin berbantuan desmos untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan Self Efficacy siswa

Novianti, Siti Shafira (2024) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe round robin berbantuan desmos untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan Self Efficacy siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis yang didukung dari hasil studi pendahuluan di salah satu sekolah di Bandung. Salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan pembelajaran Kooperatif Tipe Round Robin berbantuan Desmos. Penerapan model pembelajaran ini diharapkan mampu menjadi solusi untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis serta self efficacy siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen yang menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII MTs-Ar-Rosyidiyah tahun ajaran 2023/2024. Instrumen yang digunakan adalah tes dan nontes. Hasil riset pada penelitian ini yaitu keterlaksanaan model Round Robin berbantuan Desmos dengan kategori sangat baik, peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model Round Robin berbantuan Desmos lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, terdapat perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan gender yang menggunakan model Round Robin berbantuan Desmos dengan model konvensional, dan terdapat perbedaan peningkatan self efficacy siswa sebelum dan sesudah memperoleh model Round Robin berbantuan Desmos.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Robin; Kemampuan Komunikasi Matematis; Self Efficacy; Desmos
Subjects: Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Siti Shafira Novianti
Date Deposited: 10 Sep 2024 01:59
Last Modified: 10 Sep 2024 01:59
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97505

Actions (login required)

View Item View Item