Rizqi, Muhamad Rifqi Fathul (2024) Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality pada praktikum titrasi asam basa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (443kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (511kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (632kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (414kB) | Request a copy |
Abstract
Media pembelajaran menjadi suatu alternatif untuk membantu proses pembelajaran, khususnya dalam kegiatan praktikum. Augmented Reality menjadi salah satu media perangkat 3D yang sedang dikembangkan, termasuk sebagai media pembelajaran. Teknologi AR mampu memvisualisasikan objek 3D dan membantu mengurangi rasa khawatir kepada siswa saat praktikum di laboratorium. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tampilan media pembelajaran berbasis augmented reality pada praktikum titrasi asam basa, menganalisis hasil uji validasi, dan menganalisis hasil uji coba terbatas. Media pembelajaran ini dirancang dengan metode Design Based Research (DBR) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) yang dimodifikasi menjadi 3 tahapan, yaitu analisis, perancangan, dan pengembangan. Berdasarkan media pembelajaran berbasis augmented reality pada praktikum titrasi asam basa yang telah dibuat, media pembelajaran menampilkan tujuan pembelajaran, petunjuk penggunaan, profil penyusun, pengenalan alat, pengenalan bahan, video simulasi praktikum, simulasi praktikum titrasi asam basa, dan grafik titrasi. Hasil uji validasi menghasilkan nilai rhitung sebesar 0,82, sehingga mendapatkan kategori valid. Kemudian, media pembelajaran dilakukan uji coba terbatas kepada 15 siswa MA Idrisiyyah Tasikmalaya memperoleh nilai rata-rata 81,73% dengan kriteria layak. Berdasarkan dari hasil uji validasi dan hasil uji kelayakan, media pembelajaran berbasis augmented reality pada praktikum titrasi asam basa dapat dikategorikan valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran; augmented reality; titrasi asam basa |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students Chemistry and Allied Science > Data Processing and Analysis of Chemistry Chemistry and Allied Science > Research and Statistical Methods of Chemistry Procedures, Equipment of Chemistry Procedures, Equipment of Chemistry > Laboratories of Chemistry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Muhamad Rifqi Fathul Rizqi |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 00:48 |
Last Modified: | 11 Sep 2024 00:48 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97510 |
Actions (login required)
View Item |