Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality pada praktikum titrasi asam basa

Rizqi, Muhamad Rifqi Fathul (2024) Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality pada praktikum titrasi asam basa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (443kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran menjadi suatu alternatif untuk membantu proses pembelajaran, khususnya dalam kegiatan praktikum. Augmented Reality menjadi salah satu media perangkat 3D yang sedang dikembangkan, termasuk sebagai media pembelajaran. Teknologi AR mampu memvisualisasikan objek 3D dan membantu mengurangi rasa khawatir kepada siswa saat praktikum di laboratorium. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tampilan media pembelajaran berbasis augmented reality pada praktikum titrasi asam basa, menganalisis hasil uji validasi, dan menganalisis hasil uji coba terbatas. Media pembelajaran ini dirancang dengan metode Design Based Research (DBR) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) yang dimodifikasi menjadi 3 tahapan, yaitu analisis, perancangan, dan pengembangan. Berdasarkan media pembelajaran berbasis augmented reality pada praktikum titrasi asam basa yang telah dibuat, media pembelajaran menampilkan tujuan pembelajaran, petunjuk penggunaan, profil penyusun, pengenalan alat, pengenalan bahan, video simulasi praktikum, simulasi praktikum titrasi asam basa, dan grafik titrasi. Hasil uji validasi menghasilkan nilai rhitung sebesar 0,82, sehingga mendapatkan kategori valid. Kemudian, media pembelajaran dilakukan uji coba terbatas kepada 15 siswa MA Idrisiyyah Tasikmalaya memperoleh nilai rata-rata 81,73% dengan kriteria layak. Berdasarkan dari hasil uji validasi dan hasil uji kelayakan, media pembelajaran berbasis augmented reality pada praktikum titrasi asam basa dapat dikategorikan valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran; augmented reality; titrasi asam basa
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Chemistry and Allied Science > Data Processing and Analysis of Chemistry
Chemistry and Allied Science > Research and Statistical Methods of Chemistry
Procedures, Equipment of Chemistry
Procedures, Equipment of Chemistry > Laboratories of Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Muhamad Rifqi Fathul Rizqi
Date Deposited: 11 Sep 2024 00:48
Last Modified: 11 Sep 2024 00:48
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97510

Actions (login required)

View Item View Item