Syarif, Rizki Muhammad (2024) Rancang bangun kendali kecepatan motor Brushless Direct Current (BLDC) menggunakan metode Lead Compensation pada mobil listrik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (251kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (381kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (652kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB VI)
9_bab6.pdf Restricted to Registered users only Download (251kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (494kB) | Request a copy |
Abstract
Penggunaan motor BLDC pada mobil listrik menawarkan efisiensi yang lebih tinggi dan kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan mesin pembakaran internal konvensional. Mobil listrik yang menjadi objek penelitian ini memiliki permasalahan yaitu rise time yang cukup lama serta memiliki overshoot. Penggunaan metode lead compensation dalam sistem kendali kecepatan motor BLDC dapat mempercepat rise time dengan overshoot yang minim sesuai setpoint yang ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan sistem kendali kecepatan motor Brushless Direct Current (BLDC) menggunakan metode Lead Compensation pada mobil listrik. Metode Lead Compensation dipilih untuk meningkatkan respons sistem kendali, khususnya dalam mengurangi rise time dan meningkatkan stabilitas serta responsivitas kendaraan terhadap perubahan kecepatan. Sistem kendali ini dirancang menggunakan hardware dan software yang melibatkan Arduino UNO dan sensor rotary encoder untuk memantau dan mengatur kecepatan motor. Pengujian dilakukan pada setpoint 900 RPM dan 1800 RPM untuk mengevaluasi kinerja sistem kendali yang dirancang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Lead Compensation dengan parameter Gain = 2.5, Zero = 35, Pole = 43.7025 berhasil meningkatkan kinerja kendali kecepatan motor BLDC. Pada daerah setpoint 900 RPM dapat mempercepat rise time sebesar 0.31s dan overshoot menurun sebesar 1.88%. Sedangkan pada daerah setpoint 1800 RPM dapat mempercepat rise time sebesar 0.2s dan overshoot menurun sebesar 2.49%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kendali kecepatan; motor BLDC; lead compensation |
Subjects: | Applied Physics > Control Divices |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Elektro |
Depositing User: | Rizki Muhammad Syarif |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 02:55 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 02:55 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97532 |
Actions (login required)
View Item |